Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Prakualifikasi festival sepakbola anak usia 12 tahun (U-12) Aqua Danone Nation Cup (DNC) 2018 regional Aceh akan segera dimulai di seluruh kabupaten dan kota sebelum April.

Koordinator Aqua DNC Regional Aceh, Zahirsyah Oemardy kepada wartawan, Kamis menjelaskan, masing-masing dua tim terbaik hasil prakualifikasi di tingkat kabupaten dan kota akan maju berlaga ke babak final regional di Banda Aceh 6 - 8 April.

Ia menyebutkan, pagelaran final tingkat nasional, 21-22 Juli 2018 di Jakarta yang diikuti 16 tim dari masing-masing juara di regional.

Ia mengungkapkan tahun sebelumnya seluruh Indonesia dibagi dalam 13 regional, namun tahun ini hanya 11 regional. Tiga regional dicoret yaitu Sumatera Selatan, Maluku, Sulawesi Utara dan penambahan satu regional yaitu NTT.

Sebutnya, regional Sumatera Utara tergabung empat provinsi yaitu Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau dan, Kepulauan Riau. Sementara Aceh masih dipercaya satu regional satu provinsi.

Zahirsyah mengungkapkan sudah mengirimkan surat mohon pelaksanaan prakulifikasi di tingkat kabupaten/kota melalui email ke kabupaten/kota, Selasa (16/1). "Kita hanya menunggu jadwal pelaksanaan dari kabupaten/kota," ujarnya.

Dijelaskannya, persyaratan usia pemain adalah kelahiran 1 Januari 2006 dan 31 Desember 2017, yang dibuktikan dengan akte kelahiran, ijazah/rapor dan kartu keluarga (KK) asli.

Ia berharap kepada pembina sekolah sepakbola (SSB) atau klub dapat memainkan pemain yang sah dan agar tidak malakukan upaya-upaya manipulasi usia yang dapat merugikan tim dan pemain itu sendiri.

Katanya, bagi SSB/klub yang yang ingin berpartisipasi di Aqua Danone Nation Cup 2018 dapat menghubungi panitia lokal kabupaten/kota untuk mendaftar.

Ia juga berharap dukungan semua pihak terkait di kabupaten/kota khususnya pemerintah daerah guna menyukseskan pelaksanaan DNC 2018 di masing-masing daerah.

Ini adalah suatu even yang lanjutan hingga taraf international, yang dapat mewujudkan impian anak-anak Aceh bermain sepakbola di tingkat dunia.

Pewarta: Sudirman Mansyur

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018