Kutacane (Antaranews Aceh) - Gubernur Aceh Irwandi Yusuf meresmikan proyek listrik perdesaan Provinsi Aceh bertempat di Kute (Desa) Naga Timbul, Kecamatan Leuser, Kabupaten Aceh Tenggara.

"Dengan mengucap bismillah, listrik 11 desa Kecamatan Leuser saya resmikan," ucap Gubernur Irwandi di Desa Naga Timbul, Aceh Tenggara, Kamis.

Hadir dalam kesempatan itu Bupati Aceh Tenggara Raidin Pinim, General Manager PLN Wilayah Aceh Jefri Rosiadi, forum koordinasi pimpinan daerah, dan kepala satuan kerja perangkat kabupaten setempat.

Irwandi mengatakan sebelumnya 11 desa tersebut sama sekali belum ada jaringan listrik, sedangkan sebagian besar jumlah desa dari total 24 desa di Kecamatan Leuser sudah teraliri listrik.

Penduduk belasan desa ini cuma mengandalkan mesin generator set dengan bahan bakar solar yang dinyalakan pada malam hingga pagi hari.

Akses infrastruktur transportasi menuju wilayah desa di Kecamatan Leuser ini sangat buruk karena belum dilakukan pengerasan jalan, apalagi pengaspalan jalan.

"Saya dapat informasi bahwa listrik masuk kemari akhir tahun lalu, atau tepatnya Desember. Dan hari ini kita resmikan penggunaanya," terangnya.

"Kini saya harap anak-anak di desa ini bisa pulang ke kampungnya. Jangan karena menempuh pendidikan di kota, tidak pulang ke desa gara-gara tidak ada listrik. Bangun desa ini," kata Irwandi.

Bupati Aceh Tenggara Raidin Pinim sebelumnya mengatakan, Leuser merupakan kecamatan termuda di wilayah yang berbatasan dengan Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara.

Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara berjanji akan memberi perhatian terhadap Kecamatan Leuser yang memiliki potensi perkebunan, pertanian, dan peternakan.

"Leuser menjadi perhatian kami. Kecamatan ini mengandalkan perkebunan dan peternakan sebagai roda penggerak ekonomi," katanya.

Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018