Subulussalam (Antaranews Aceh) - Dinas Sosial Kota Subulussalam, Provinsi Aceh, siap menyalurkan bantuan beras sejahtera (Rastra) kepada 5.055 keluarga penerima manfaat (KPM) yang sesuai jumlah kuota yang ditetapkan Kementerian Sosial Republik Indonesia.

"Kami bersama Bulog akan mendistribusikan bantuan Bansos beras sejahtera sesuai prosedur, nantinya pihak Gudang Bulog akan menyalurkan hingga titik distribusi kecamatan sampai ke titik bagi hingga ke desa," ujar Kepala Dinas Sosial Kota Subulussalam Drs Sanusi kepada wartawan di Subulussalam, Jumat.

Ia mengatakan, pihaknya sudah menerima permintaan penyaluran bansos beras sejahtera dari Gudang Bulog Subulussalam untuk diserahkan berjalan ke titik distribusi kecamatan, hingga ke ke desa sesuai perintah Menteri Sosial RI bahwa setiap tanggal 25 bulan berjalan bantuan Bansos Rastra ini akan diterima KPM secara gratis tanpa ada uang tebusan lagi.

"Untuk Subulussalam masih menerima bansos rastra itu sampai Januari - Juli 2018 dengan ketentuan setiap KPM masing - masing menerima 10 kilogram," ujar dia.

Selanjutnya, Agustus sampai dengan Desember 2018 menerima Bantuan Pangan Non Tunai ( BPNT) melalui belanja di e- warung atau agen bank dengan sistemnya setiap tanggal 25 bulan berjalan KPM menerima bantuan uang Rp110.000, jelas Sanusi didampingi Kordinator Tim Kementerian Sosial (TKS) Subulussalam, Wahda.

Sanusi juga mengatakan saat ini pihaknya bersama Bagian Ekonomi Sekdakota Subulussalam sedang mempersiapkan Launcing penyaluran Bansos Rastra dengan mengundang KPM dua kecamatan Simpang Kiri dan Penanggalan.

"Harapan kami, penyaluran berasnya lancar setiap bulan sehingga masyarakat penerimanya bisa menikmati beras yang merupakan bantuan pemerintah untuk masyarakat," katanya.

Berdasarkan surat edaran Direktur penanganan fakir miskin perdesaan Kementerian Sosial RI Naziarto, penyaluran Bansos pangan Rastra dan Bantuan Pangan Non Tunai(BPNT) tahun 2018, kabupaten/kota dalam pelaksanaannya agar memperhatikan dimana Perum Bulog akan melakukan penyaluran sampai titik distribusi agar penyaluran berjalan dengan baik.

Kemudian kepada Dinas Sosial dapat memastikan tim koordinasi bantuan sosial pangan kabupaten/kota berkoordinasi dengan Perum Bulog setempat untuk melakukan penyaluran secara tepat sasaran, waktu, jumlah, harga, kualitas dan administrasi.

Pewarta: Khairuman

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018