Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Aceh menyatakan salah satu solusi untuk meningkatkan produktivitas padi yang perlu dilakukan petani di daerah itu adalah menggunakan benih unggul.

"Kami mengimbau kepada seluruh petani di Aceh untuk menggunakan benih unggul karena dengan benih unggul akan mampu meningkatkan produktivitas lebih tinggi," kata Kepala BPTP Aceh, M Ferizal di Banda Aceh, Senin.

Ia menjelaskan penggunaan benih unggul merupakan salah satu upaya meningkatkan produktivitas hasil pertanian milik petani yang ada di provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa itu.

Ferizal yang didampingi Peneliti BPTP Aceh Basri A Bakar menyebutkan saat ini ada beberapa varietas yang cocok untuk digunakan petani di Aceh guna meningkatkan produksi dan menambah pendapatan masyarakat.

Ada pun benih yang cocok dan memiliki keunggulan salah satunya mampu meningkatkan produktivitas mencapai 10 ton per hektare dengan sistem jarwo diantaranya Inpari 30, 32, 40,41 dan 42.

"Kita berharap petani menggunakan varietas yang telah direkomendasikan guna meraih produktivitas yang maksimal," katanya.

Menurut dia varietas yang direkomendasikan tersebut memiliki banyak kelebihan dan varietas tersebut juga sangat disukai oleh petani karena memiliki cita rasa yang enak dan khas.

Pihaknya meyakini dengan penggunaan benih unggul dalam setiap musim tanam, upaya meningkatkan produktivitas dan menyejahterakan petani akan terwujud di masa mendatang.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018