Lhokseumawe (Antaranews Aceh) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe, Provinsi Aceh, menyediakan tontonan gratis melihat gerhana bulan melalui teleskop, Rabu malam.

Lokasi yang diambil untuk melihat fenomena langka tersebut, dipusatkan di Masjid Raudhatul Jannah Alue Awe.

Masyarakat yang ingin melihat gerhana bulan tersebut dapat dengan mudah melakukannya melalui empat teleskop yang dipasang disamping masjid.

Sekretaris Jurusan Astronomi Islam IAIN Lhokseumawe, Ismail SY MA mengatakan, pihaknya sudah sejak sore hari menyiapkan alat-alat kebutuhan untuk melihat gerhana bulan dan juga teleskop.

"Sebanyak empat unit teleskop kita sediakan di sini, dimana tiga jenis teleskop manual dan satu teleskop automatis," jelas Ismail.

Sebutnya, tujuan menyediakan dan menempatkan teleskop dan juga player aplikasi gerhana di tempat umum tersebut adalah, supaya masyarakat dapat melihat dengan jelas proses gerhana yang terjadi.

Sambungnya, diharapkan dengan melihat fenomena tersebut secara langsung, selain menjadi sarana edukasi tentang astronomi, juga dapat menjadi motivasi terhadap ilmu astronomi Islam.

Sebagaimana terlihat, masyarakat tua muda terlihat sangat antusias melihat proses gerhana bulan tersebut melalui teleskop yang disediakan oleh IAIN Lhokseumawe itu.

Pewarta: Mukhlis

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018