Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Belasan ribu warga dari 90 gampong (desa) di Kota Banda Aceh menghadiri dan memeriahkan maulid akbar Nabi Muhammad SAW yang digelar pemerintah kota setempat di Lapngan Blangpadang, Senin.

Kegiatan tersebut dirangkai dengan tausiah yang disampaikan Tgk Salman Saf, pimpinan Majelis Zikrullah Aceh Wilayah Pantai Barat Selatan.

Maulid akbar tersebut yang pertama digelar Pemerintah Kota Banda Aceh di Lapangan Blang Padang. Tahun sebelumnya, peringatan maulid digelar di Balai Kota Banda Aceh, dengan jumlah undangan yang terbatas.

Pada peringatan maulid tersebut, pemerintah kota menyediakan 12 tenda berukuran raksasa didirikan di tengah lapangan untuk menampung jamaah yang hadir.

Peringatan maulid juga dirangkai penyerahan santunan kepada 500 anak yatim oleh Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman dan Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin. Peringatan maulid diakhiri makan bersama.

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengatakan peringatan maulid nabi diselenggarakan setiap tahunnya. Kegiatan ini merupakan upaya menanamkan nilai-nilai luhur dan menghadirkan kembali keteladanan Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari serta membumikan syiar Islam.

"Karena itu, kami mengajak semuanya selalu meneladani dan mengaktualisasikan ajaran Rasulullah. Serta menjauhi ajaran atau pemikiran-pemikiran sesat lainnya yang jauh dari tuntunan nabi," ajak dia.

Wali Kota juga mengajak masyarakat membangkitkan identitas sebagai masyarakat Aceh yang sarat dengan nilai-nilai Islam, sehingga tidak memudar akibat tergerus zaman.

Selain itu, Wali Kota juga mengajak masyarakat memperbanyak kegiatan keagamaan seperti perayaan maulid, zikir, dan lainnya. Termasuk menutup tempat usaha kala tiba waktu shalat fardhu tiba.

"Kami juga mengharapkan partisipasi aktif masyarakat memantau dan menjaga lingkungan sosial dari perilaku negatif dan bertentangan dengan syariat Islam, termasuk mengantisipasi bahaya narkoba, LGBT, dan pergaulan bebas lainnya," kata Aminullah Usman.

Pewarta: Haris SA

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018