Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Petugas Resor Konservasi Wilayah 6 Takengon Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh mengamankan dua kukang sunda dari dua pelajar SMA di Aceh Tengah.

Kepala BKSDA Aceh Sapto Aji Prabowo di Banda Aceh, Selasa, mengatakan, dua kukang sunda tersebut diamankan setelah dua pelajar tersebut menjual satwa dilindungi itu di forum jual beli media sosial.

"Kukang sunda tersebut diaman dari dua pelajar SMA tersebut pada Selasa (27/3). Kedua pelajar itu telah menjualnya di suatu forum jual beli di sosial media," kata Sapto Aji Prabowo.

Kini kedua ekor kukang sunda tersebut diamankan dan dirawat di Kantor Resor Konservasi Wilayah 6 Takengon, Aceh Tengah, sebelum dilepasliarkan,

Terhadap kedua pelajar SMA itu, kata dia, diminta membuat surat pernyataan tidak mengulangi perbuatan mereka menjualbelikan satwa dilindungi. Selain itu, kedua pelajar tersebut juga mendapat penjelasan perlindungan terkait tumbuhan dan satwa liar,

Sehari sebelumnya, kata Sapto Aji, petugas konservasi resor Blangbintang, Aceh Besar, menerima penyerahan seekor kedih (presbytis thomassi/thomas leaf monkey).

"Satwa primata jenis monyet tersebut diserahkan warga Indrapuri, Aceh Besar, setelah diselamatkan. Kondisi kedih agak lemah dengan mengalami beberapa luka," kata dia.

Kedih ini diduga terpisah dari kelompoknya setelah kalah bertarung. Saat ini, satwa tersebut dirawat di Kantor BKSA Aceh sebelum dilepasliarkan ke habitatnya.

"Kami mengingatkan masyarakat tidak menangkap satwa dilindungi. Bagi yang menemukan, agar segera menyerahkan ke petugas BKSDA untuk dilepasliarkan kembali," kata Sapto Aji Prabowo.
 

Pewarta: M.Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018