Aceh Besar (Antaranews Aceh) - Cabang olahraga atletik akan menjadi lumbung medali bagi Kabupaten Aceh Besar pada pekan olahraga pelajar daerah (Popda) Provinsi Aceh di Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, 2 - 8 Mei 2018.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Aceh Besar, Ridwan Jamil kepada wartawan di Banda Aceh, Sabtu menyatakan, atletik suatu cabang andalan daerahnya meraih banyak medali emas guna mencapai target juara umum Popda.

"Kita harapkan kepada atlet semangat dan konsentrasi dalam berlatih sehingga bisa meraih prestasi terbaik di Popda nanti," imbuhnya.

Pada Popda dua tahun lalu di Langsa, cabang atletik Aceh Besar merajai perolehan medali dengan meraih lima medali emas.

Dalam multi even olahraga pelajar dua tahunan Provinsi Aceh di Takengon nanti, cabang atletik Aceh Besar diperkuat dua atlet yang telah punya prestasi dan pengalaman tingkat nasional.

Secara terpisah, Syahrial dari tim pelatih atletik Aceh Besar, mengungkapkan dari nomor lari 100 dan 200 meter putri, Aceh Besar mengandalkan Dela Safira yang merupakan juara Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat nasional di Medan, Sumatera Utara, 2017.

"Dela juara 100 meter O2SN tingkat nasional tahun lalu, dengan catatan waktu hingga sekarang yakni 12,38 detik," jelas Syahrial pelatih spesialis lompat tinggi dalam tim pelatih atletik Aceh Besar.

Selain itu, Rahmad Hidayat atlet lompat tinggi yang telah memperkuat Aceh pada kejuaraan nasional (Kejurnas) di Jakarta 2016. Rekornya saat ini, 1,78 meter.

Sebutnya, pada Popda nanti, Aceh Besar mengikuti semua nomor yang diperlombakan dalam cabang aletik.

"Target bisa melebihi lima medali emas, minimal menyamai yang diraih di Popda Langsa dua tahun lalu," katanya.

Atlet Aceh Besar di nomor yang diperlombakan di Popda yaitu lari 100 dan 200 meter putri, Dela Safira, atlet putra, Fajar Diva Aulia lari 400 meter putra, Muzakar AB, putri, Diva Putri.

Lompat jauh putra, Muhammad Farhan rekor lompatan 6,80 meter, putri yaitu Putri Elsa Aprilia Fitriani, lompat tinggi putra, Rahmad Hidayat, putri yaitu Putri Elsa Aprilia.

Lempar cakram putra, Firdaus, lempar lembing putra Afrizal dan atlet putri Lisa Jannah.

Syahrial menjelaskan tim pelatih atletik Aceh Besar dikoordinator oleh Hamdani, Ketua Amarullah, asisten Firman Fakruddin (pelatih spesialis sprint atau lari 100, 200 dan 400 meter). Askari Lubis (pelatih spesialis lompat jauh) dan Syahrial (pelatih spesialis lompat tinggi).

Para atlet, sebutnya, selama ini serius dan kontinyu menjalani latihan di Stadion Harapan Bangsa.

Pewarta: Sudirman

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018