Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Tim PORA Kabupaten Aceh Timur tampil sebagai juara turnamen futsal bertajuk "Satoe Atjeh" setelah menekuk Genksi Sigli (Kabupaten Pidie) dengan skor 3 - 2 pada final yang digelar di GOR KONI Aceh di Banda Aceh, Sabtu (22/4) malam.

Sebagai juara, tim yang dimanejeri Zulkiram ini menerima tropi bergilir Ketua Umum KONI Aceh, Muzakir Manaf yang diserahkan Wakil Ketua Umum KONI Aceh, Bachtiar Hasan.

Tim PORA (Pekan Olahraga Aceh) Aceh Timur juga mendapat medali emas, tropi tetap dan dana pembinaan Rp15 juta yang diserahkan langsung oleh Presiden Satoe Atjeh Futsal Academy (SAFA), Edi Darman.

Sedangkan Genksi Sigli yang puas sebagai runner-up menerima medali perak, piala tetap dan hadiah Rp10 juta yang diserahkan Ketua AFA Banda Aceh, Ridwan Salam, juara tiga, Young Stone Aceh Besar memperoleh medali perunggu, piala tetap dan hadiah yang diserahkan wasit Aceh, Muzakkir.

Juara ke-empat, tim Satoe Atjeh Sigli memperoleh piala tetap dan hadiah Rp3 juta diserahkan oleh Bendahara Umum SAFA, Miska Sasra.

Kiper terbaik, Alif (Satoe Atjeh, Banda Aceh). Top skor diraih Marzuka Riski (mencetak 9 gol) dari Aceh Timur. Pemain muda terbaik, Ridha (Red Black) dan pemain terbaik, Farhan dari Aceh Timur, masing mendapat tropi dan hadiah Rp500.000.

Presiden SAFA, Edi Darman merasa puas pagelaran turnamen futsal ini dari babak penyisihan hingga final berjalan tertib dan sukses. Memberikan tontonan yang menarik.

Terlebih lagi, sebutnya para pemain dari semua tim bermain maksimal, menunjukkan kemampuan terbaik dan sportif. "Tahun depan mungkin kita tingkatkan se-Sumatera," ujarnya.

Sementara itu, Manejer Tim PORA Aceh Timur Zulkiram menyatakan, puas atas penampilan para pemainnya di partai final. "Mereka sudah tampil maksimal menghadapi tim tangguh Genksi Sigli," katanya.

Begitupun sebutnya, tim yang dipersiapkan ke PORA XIII November 2018 di Aceh Besar ini, akan terus dibenahi.

"Turnamen ini sebagai ajang ujicoba, sedangkan target kami mempertahankan medali emas yang diraih di PORA XII/2014 di Aceh Timur, pada PORA di Aceh Besar nanti," tegasnya.

Sementara itu, jalannya pertandingan Tim PORA Aceh Timur dan Genksi berlangsung dalam tempo tinggi. Para pemain kedua tim bermain cepat dalam menyerang maupun bertahan, sehingga menarik dan seru.

Tim besutan Sayed Saiful Bahri yang menurunkan sejumlah pemain andalan Farhan Zikra, Hardiansyah, Ferdiansyah, Marzuka Riski lebih unggul dalam menyerang di menit awal babak pertama, sehingga berhasil mencetak gol pertama.

Kedudukan 1 - 0 bertahan hingga jeda. Dibabak kedua, tim Sigli bermain taktis dalam menekan. Pasukan Taufik Hidayat ini berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1 - 1.

Para pemain kedua tim ini makin meningkatkan tensi permainan saling serang. Di babak kedua ini tim PORA Aceh Timur berhasil menambah dua gol, sehingga skor menjadi 3 - 1.

Genksi Sigli yang menurunkan pemain andalannya Aulia Abot, Hagai, Deni Husen, Al-Faridha terus menyerang cepat, dan berhasil mencetak gol dan memperkecil skor menjadi 2 - 3.

Walau sudah menyerang total di jelang menit-menit akhir babak kedua, namun tim besutan Bobo ini tidak berhasil menyamakan skor, sehingga kedudukan 3 - 2 bagi kemenangan Tim PORA Aceh Timur.

Pewarta: Sudirman

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018