Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Sebanyak 98 peserta antusias mengikuti pelatihan tentang olahraga petanque yang dilaksanakan Pengurus Provinsi Federasi Olahraga Petanque Indonesia (Pengprov FOPI) Aceh di Darussalam, Banda Aceh, 23 hingga 25 April 2018.

Sekretaris Umum Pengprov FOPI Aceh, Nasrillah Anis kepada wartawan di Banda Aceh, Selasa mengatakan, coaching clinic ini menghadirkan seorang pelatih petanque tim nasional (Timnas) Malaysia, Zani Lisa bin Mohamed.

Nasrillah yang akrab disapa Aweng menjelaskan, Zani Lisa seorang pelatih yang telah menjadikan Malaysia salah satu raksasa olahraga petanque di kawasan Asia.

Katanya, dalam pelatihan selama tiga hari (23 - 25 April), Zani Lisa memberikan sejumlah teori tentang olahraga asal Perancis ini kepada atlet, pelajar, mahasiswa, guru pendidikan jasmani (Penjas/olahraga), alumni Penjaskesrek FKIP Unsyiah, pengurus kabupaten dan provinsi FOPI Aceh, peserta coaching clinic ini.

Abeng mengungkapkan coaching clinic ini diikuti 98 peserta terdiri dari 38 atlet senior FOPI Aceh, 6 atlet junior (pelajar SLTP/SLTA),40 mahasiswa (atlet pemula), 3 utusan Pengkab FOPI Simeulue, 1 utusan FOPI Pidie, 4 guru Penjas/Olahraga dan 6 alumni Penjaskesrek FKIP Unsyiah.

Sebutnya, dalam pelatihan ini Zaini juga memberikan teori dan praktek langsung best practices atau ide, gagasan mengenai suatu teknik, metode, proses, aktivitas tentang permainan petanque.

Dijelaskannya, tujuan pelaksanaan coaching clinic ini untuk meningkatkan kapasitas dan pelatih petanque Aceh guna mewujudkan harapan KONI Aceh lolos PON XX/2020 di Papua dan meraih medali.

Selain itu, memperkenalkan keberadaan petanque sebagai cabang olahraga yang belum begitu dikenal masyarakat.

Ditambahkannya, petanque yang baru tiga tahun dikenal di Aceh, sejak terbentuknya kepengurusan FOPI provinsi ini tahun 2015, namun atlet petanque Aceh telah meraih sederet prestasi di even nasional.

Diungkapkannya, dari 38 atlet senior Aceh, enam di antaranya terpilih sebagai atlet binaan KONI Aceh. Petanque telah ditetapkan cabor unggulan Aceh yang diandalkan untuk meraih medali di PON Papua.

Bentuk permainan olahraga petanque atau diucap petank adalah melempar bola besi mendekati bola kayu. Olahraga yang berasal dari Perancis ini masih terbilang baru di Indonesia termasuk di Aceh.

Pewarta: Sudirman

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018