Aceh Besar (Antaranews Aceh) - Regu Lamsidaya Voli Club ( LVC) Darul Imarah tampil sebagai juara turnamen voli memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke-38 Kota Jantho, Kabupaten Aceh Besar, setelah di final mengalahkan regu PORA Aceh Besar  3 - 1 di lapangan Garpu Lambaro, Senin (30/4) sore.

Dalam laga final tersebut, regu PORA Aceh Besar lebih dulu menang di set pertama dengan skor 25 - 17. Namun LVC memenangi tiga set selanjutnya yaitu, 25 - 19, 25 - 12 dan set keempat 25 - 18.

LVC maju ke final setelah di semi final mengalahkan Krueng Barona Jaya. Sedangkan Regu PORA Aceh Besar menang atas Darussalam.

Sebagai juara, regu Lamsidaya memperoleh hadiah berupa dana pembinaan Rp10 juta plus tropi. Regu PORA runner-up memperoleh Rp 6 juta plus tropi. Sedangkan Krueng Barona Jaya dan Darussalam juara ke tiga bersama, masing-masing mendapat Rp 2,5 juta plus tropi.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Aceh Besar, Ridwan Jamil mengatakan, penyerahan hadiah kepada para juara akan dilaksanakan pada resepsi HUT Kota Jantho ke-38 di panggung utama lapangan Bungoeng Jeumpa, Kota Jantho, Rabu (9/5) malam.

Ridwan menjelaskan, turnamen voli digelar di lapangan Garpu Lambaro 18 - 30 April 2018. Diikuti 20 regu yang mewakili kecamatan di Aceh Besar. Diantara 20 regu tersebut, regu PORA Aceh Besar mewakili Kecamatan Ingin Jaya.

Dalam turnamen tersebut, ke-20 regu dibagi dalam empat grup, menggunakan pertandingan sistim setengah kompetisi pada penyisihan setiap grup. Juara dan runner up grup ke putaran delapan, selanjutnya semi final dan final.

Ia menyebutkan, dalam memeriahkan HUT Kota Jantho ke-38  tahun ini,  ada sejumlah turnamen cabang olahraga yang digelar, diantaranya voli dan sepakbola.

Sebutnya, turnamen sepakbola sudah selesai digelar di lapangan Persima Meunasah Krueng, Ingin Jaya,19 -20 April 2018. Kesebelasan PORA Aceh Besar tampil sebagai juara. "Hadiah pemenang turnamen olahraga akan diserahkan pada malam resepsi HUT Kota Jantho, 9 Mai," jelasnya lagi.

Ridwan mengungkapkan turnamen cabang olahraga yang digelar juga diikuti tim dan atlet daerah ini yang dipersiapkan ke PORA XIII November 2018 di Aceh Besar. "Sejumlah turnamen yang digelar menjadi ajang try-out bagi atlet PORA Aceh Besar," katanya.

Sementara itu, laga final LVC dengan regu PORA Aceh berlangsung seru dan ketat sepanjang empat set.

Regu PORA yang diperkuat Auzar, Aulia Kanda, Ade Pratama,  Hafiz dan Munzir bermain cukup taktis di set pertama lewat passing yang cepat dan smas-smas tajam. Meninggalkan Lamsidaya dalam pengumpulan angka, sehingga menutup set pertama dengan skor 25 - 17.

Di set kedua, LVC Lamsidaya memperlihatkan kemampuannya sebagai regu tangguh di Aceh Besar. Bermain dengan bola passing cepat, smas tajam yang dikombinasikan gerak tipu dalam penempatan bola di kubu PORA Aceh Besar, sehingga memenangi set kedua dengan skor 25 - 19.

Lamsidaya yang diperkuat Handra, Iqbal,  Zaki, Aris, Raja dan Dek Gam, selanjut dengan mudah membaca permainan regu PORA, sehingga set ketiga menang 25 - 12 dan menutup set keempat 25 - 18.

Pelatih regu PORA,  Muktar mengatakan, banyak manfaat dipetik dalam turnamen ini. Turnamen ini adalah ajang ujicoba dan banyak manfaat untuk persiapan ke PORA.

"Kita segera benahi mental pemain, karena terlihat masih lemah dalam pertandingan dengan Lamsidaya yang merupakan tim tangguh di Aceh Besar," ujarnya.

 

Pewarta: Sudirman

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018