Takengon (Antaranews Aceh) - Gubernur Aceh Irwandi Yusuf mengharapkan para atlet berprestasi di Pekan olahraga pelajar daerah (Popda) Aceh XV/2018 di Kabupaten Aceh Tengah nantinya bisa mewakili Aceh pada PON 2024.

"Artinya kita masih punya persiapan enam tahun lagi sebelum menghadapi kompetisi nasional ini. Harapan besar tentunya ada di pundak atlet Popda Aceh saat ini, karena dalam enam tahun ke depan, kalianlah yang berpeluang mewakili Aceh di even tersebut," katanya di Takengon, Rabu sore.

Harapan itu disampaikan Irwandi Yusuf dalam pidato tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli Gubernur Bidang Perekonomian Keuangan dan Pembangunan, T Syakur, dalam acara pembukaan Popda XV di Kabupaten Aceh Tengah.

Karena itu, Irwandi berharap agar Popda Aceh tahun ini dapat pula dimaknai sebagai sarana evaluasi atau untuk menguji hasil pembinaan yang telah dilakukan oleh masing-masing daerah di Aceh terhadap para atlet pelajarnya.

"Itu sebabnya kegiatan Popda kali ini bukan sekedar mencari juara atau mencari yang terbaik. Boleh dikatakan Popda ini adalah titik puncak dari semua proses pembinaan yang berlangsung di tingkat lokal selama ini," ujarnya.

Irwandi menambahkan bahwa dari penyelenggaraan Popda tersebut nantinya akan terlihat daerah mana yang telah melakukan pembinaan secara baik terhadap para atletnya selama ini

Sementara bagi para atlet yang mampu berprestasi di ajang dua tahunan tersebut, Irwandi berjanji akan memberikan pelatihan khusus agar kedepannya mereka dapat mewakili Aceh di berbagai kejuaraan olahraga pada level yang lebih tinggi.

"Saya ingatkan lagi bahwa semua atlet yang ikut pada kompetisi ini akan dipantau oleh para pemandu bakat yang hadir di sekitar lapangan. Atlet yang berprestasi nantinya akan mendapat latihan lebih khusus," sebut Irwandi.

Selain itu, ajang Popda XV di Aceh Tengah juga diharap menjadi langkah awal bagi para atlet pelajar untuk menunjukkan kemampuannya, sehingga kedepannya memiliki peluang lebih besar untuk dapat mengikuti berbagai kejuaraan olahraga.

"Sebagai langkah awal para atlet berprestasi ini akan kita utus mengikuti Popwil Sumatera yang akan berlangsung pada Agustus atau September mendatang. Popwil tahun ini sangat istimewa sebab tuan rumahnya adalah Provinsi Aceh," tutur Irwandi.

Irwandi berharap para atlet pelajar bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan baik untuk dapat menorehkan prestasi guna mengharumkan nama daerah.

"Siapapun yang sukses mengukir prestasi pada Popwil akan berpeluang mewakili Aceh di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) ke-15 di Papua tahun 2019," sebut Irwandi.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018