Blangpidie (Antaranews Aceh) - Sebanyak 651 orang mahasiswa Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, melakukan praktik Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

Ketua panitia KKN UTU Meulaboh, Irsadi Aristora di Blangpidie, Kamis mengatakan, dari 651 peserta yang melakukan KKN tersebut, sebanyak 413 peserta berstatus mahasiswi dan sisanya 238 orang lagi mahasiswa.

"Semua mahasiswa dan mahasiswi UTU Meulauboh, Kabupaten Aceh Barat, ini melakukan KKN di empat kecamatan dalam wilayah Kabupaten Abdya, yakni di Kecamatan Susoh, Jumpa, Kuala Batee, dan Kecamatan Babahrot," ujar Irsadi.

Irsadi menyampaikan laporan tersebut di sela-sela acara penyerahan mahasiswa KKN angkatan ke-13 gelombang ke-II tahun 2018 kepada Pemkab Abdya yang berlangsung di halaman kantor Pemkab setempat di Desa Keude Paya.

 Acara penyerahan 651 orang mahsiswa KKN kepada Pemkab Abdya tersebut disambut oleh Wakil Bupati Abdya, Muslizar, Wakil Rektor UTU Meulaboh, Ishak Hasan, para dosen dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Abdya.  

 Irsadi berkata, para mahasiswa,dan mahsiswi UTU yang melakukan KKN terdiri dari berbagai fakultas, yakni dari Fakultas Sosial Politik 178 peserta dan  Fakultas Teknis 119 peserta.

 Kemudian, dari Fakultas Ekonomi sebanyak 95 peserta, Fakultas Ilmu Perikanan 52 peserta, Fakultas Kesehatan Masyarakat 82 peserta dan dari Fakultas Pertanian 125 peserta.

"Adik-adik mahasiswa ini sudah dibekali. Insyaallah mereka sudah punya program untuk dijalankan di desa masing-masing. Kita harapkan  dapat membantu masyarat di pedesaan," ungkapnya.

 Wakil Bupati Abdya, Muslizar pada awal sambutanya meminta para mahasiswa yang melakukan praktik KKN di kabupaten Abdya agar tetap semangat, karena peserta mahasiswa ini merupakan calon pemimpin negeri di masa depa.

 "Bagaimana kalian akan menjadi pemimpin, hanya dengan panas saja tidak sangup. Pemimpin itu harus siap. Kalian calon pemimpin di masa depan. Jangan hanya sedikit kena sinar matahari kalian sudah pindah," ujarnya.

Wakil Bupati Abdya mengeluarkan pernyataan itu pada awal sambutanya lantaran sejumlah peserta KKN yang mengikuti acara  itu banyak yang pindah tempat ke lokasi lain untuk menghidari sinar matahari di halaman kantor bupati.
 

Pewarta: Suprian

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018