Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Sebanyak 35 peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Papua yang mengikuti kegiatan pertukaran pelajar se-Indonesia tiba di Sabang, Senin.

Rombongan nyeberang menggunakan Kapal Cepat Express Cantika 89 dari Pelabuhan Ulee-lheue, Banda Aceh dan tiba di Pelabuhan Balohan, Sabang pukul 08.20 WIB.

Kemudian, dari Pelabuhan Balohan rombongan menuju titik nol paling barat Indonesia di Gampong (desa) Iboih, Sukakarya, Kota Sabang, Provinsi Aceh.?

Selanjutnya, direncanakan rombongan akan berkunjung ke sejumlah destinasi wisata bahari yang ada di kepulauan paling ujung barat Indonesia dan mengunjungi Kantor PT Pertamina (Persero) di Kuta Bawah Timu, Sabang.?

"Program SMN sangat bagus dan kami senang berkesempatan mengunjungi Aceh dan Sabang," kata salah seorang pendamping SMN asal Papua Imanuel di Pelabuhan Balohan, Sabang, Senin.
 
35 peserta SMN dari Papua tiba di PT Pertamina (Persero) Kuta Bawah Timu, sabang, Senin (13/8). (Foto Antara Aceh/Irman)

"Dari Papua yang ikut ke Sabang ada 35 orang, 31 peserta dan 4 diantaranya pendamping," sebut Imanuel.?

Pertukaran SMN dari Sabang sampai Merauke ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah, khususnya Badan Usaha Milik Negara (BUMN).?

Kepala Dinas Pendidikan Aceh Syaridin sebelumnya menyatakan, dari Sabang sampai Merauke bukan cuma sekedar judul lagu, tetapi sebentar lagi bakal direalisasikan para peserta SMN Papua.?

Menurut dia, selama berada di provinsi paling ujung barat Indonesia, para peserta SMN asal Papua memiliki jadwal mengenali ragam budaya dan berkunjung ke sejumlah tempat wisata.?

Pihaknya berharap siswa-siswa dari tanah di Papua yang terletak di ujung Timur Indonesia, dan Aceh berada di Barat dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bisa mempelajari, dan membandingkan masing-masing kebudayaan di provinsi yang saling berbeda tersebut.
 
Bank Negara Indonesia (BNI) dan PT. Supeyor Indonesia sebelumnya juga telah memberangkatkan sebanyak 26 siswa-siswi dari 23 Kabupaten/Kota se-Aceh untuk mengikuti rangkaian kegiatan SMN di Papua.

Pewarta: Irman Yusuf

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018