Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Pihak Rektorat Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darusaalam Banda Aceh membuka kesempatan kepada Siswa Mengenal Nusantara (SMN) BUMN hadir untuk negeri yang berasal dari Papua untuk kuliah di perguruan tinggi itu.

"Kami membuka kesempatan kepada seluruh peserta SMN dari Provinsi Papua untuk melanjutkan studi pada seluruh program studi yang ada di Unsyiah," kata Wakil Rektor I Prof Marwan di Darussalam, Banda Aceh, Kamis.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela menerima kunjungan peserta SMN BUMN hadir untuk negeri dari Papua yang berlangsung di ruang pertemuan Universitas Syiah Kuala Darussalam Banda Aceh.

Ia menjelaskan Unsyiah sejak tahun 2012 telah menerima putra putri dari provinsi ujung paling timur Indonesia itu untuk melanjutkan studi pada sejumlah program studi yang dipilih oleh lulusan SMA sederajat yang berasal dari provinsi setempat.

Marwan menyebutkan hingga 2018 ada sekitar seratusan mahasiswa yang berasal dari Papua menimba ilmu di Unsyiah melalui program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah.

"Kami berharap peserta SMN dari Papua yang hadir dan berkunjung ke Unsyiah dapat melanjutkan pendidikan di Unsyiah," katanya.

Dalam pertemuan tersebut para peserta terlihat antusias mendengarkan beragam informasi terkait Kampus Unsyiah yang disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Unsyiah.

Setelah mengunjungi Unsyiah, peserta SMN Hadir untuk negeri langsung mengunjungi kantor cabang BNI Banda Aceh di Banda Aceh.

Bank Negara Indonesia (BNI) dan PT. Surveyor Indonesia (Persero) sebelumnya juga telah memberangkatkan sebanyak 26 siswa-siswi dari 23 Kabupaten/Kota se-Aceh untuk mengikuti rangkaian kegiatan SMN di Papua.
 

Pewarta: M Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018