Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Pecatur Banda Aceh Master FIDE (MF) Zulkhairi berhasil merebut dan menjuarai kejuaraan terbuka catur cepat Piala Senator Aceh Fachrul Razi.

Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Percasi Aceh Aldin Nl di Banda Aceh, Minggu, MF Zulkhairi yang pernah memperkuat Aceh pada PON di Pekan Baru beberapa tahun lalu tersebut berhasil menyisihkan seratusan pecatur lainnya.

MF Zulkhairi berhasil mengamankan posisinya sebagai kampiun dalam kejuaraan catur cepat Piala Senator Aceh Fachrul Razi yang berakhir Sabtu (1/9) di Gedung Kantor PWI Aceh," kata Aldin Nl.

Pada babak terakhir atau babak ketujuh, MF Zulkhairi memegang buah putih tampil begitu tenang. Namun di detik-detik terakhir, pecatur tuna wicara ini menawarkan remis kepada lawannya Friansyah, sesama pecatur Banda Aceh.

Dengan hasil remis tersebut, Zulkhairi berhasil mempertahankan posisinya sebagai pemuncak di kejuaraan yang mempertandingkan nomor catur cepat ini dengan mengoleksi nilai 6,5 skor poin.

"Hasil remis itu juga memupus ambisi pecatur asal Aceh Barat, Hunter Chalid, untuk menjadi juara. Meski memetik kemenangan di babak terakhir. Hunter harus puas berada di posisi dengan mengantongi nilai 6 skor poin.

Sedangkan juara kedua kejuaraan catur Piala Senator Fachrul Razi diraih Hunter Chalid dari Aceh Barat, juara ketiga Taifur dari Kota Langsa), dan juara empat Friansyah dari Banda Aceh.

Juara lima ?Anas dari Aceh Besar, Rezi Fernanda dari Banda Aceh, Ibnu Khaldun dari Banda Aceh, Idaman Anhar dari Band Aceh, Rahmad Rizki dari Aceh Tamiang, dan Wahed pecatur dari Banda Aceh.

Selain kejuaraan catur cepat Piala Senator Fachrul Razi, Pengprov Percasi Aceh juga menggelar seleksi provinsi menghadapi Kejuaraan Nasional Catur 2018 yang akan digelar di Banda Aceh, pertengahan Oktober mendatang.

Seleksi provinsi mempertandingkan nomor catur standar diraih Saiful Bahri dari Lhokseumawe. Sedangkan juara dua pecatur Nagan Raya, Zulfadhli, dan Musliadi dari Banda Aceh.

Aldin Nl mengatakan, keluarga catur Aceh menyampaikan menyampaikan terima kasih kepada Fachrul Razi yang kini menjabat anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

"Terima kasih kepada senator Fachrul Razi yang mendukung terlaksananya kejuaraan catur dan seleksi atlet catur Aceh yang akan bertanding di Kejurnas Catur 2018," kata Aldin Nl.

Pewarta: M Haris SA

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018