Banda Aceh (Antaraneews Aceh) - Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) melalui Komisi II meminta dinas terkait segera memfungsikan fasilitas di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Lampulo, Banda Aceh, yang sudah selesai dibangun.
     
"Kami meminta Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh segera memfungsikan fasilitas di PPI Lampulo yang sudah selesai dibangun," kata Ketua Komisi II DPRA Nurzahri di Banda Aceh, Rabu.
     
Sejumlah fasilitas PPI Lampulo yang sudah selesai dibangun, namun belum berfungsi di antaranya gudang pendingin atau "cold storage", pasar penjualan ikan, dan beberapa lainnya.
     
Sejumlah fasilitas tersebut selesai dan diresmikan pada Desember 2015, bersamaan dengan peresmian PPI Lampulo dan peringatan Hari Nusantara yang puncaknya dipusatkan di pelabuhan tersebut.
     
Menurut Nurzahri, dengan berfungsinya fasilitas pendukung pelabuhan tersebut, maka dengan sendiri akan meningkatkan aktivitas perekonomian masyarakat 
     
"Tujuan pembangunan tersebut untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Begitu juga dengan fasilitas di PPI Lampulo. Karena itu, kami meminta, fasilitas yang sudah dibangun tersebut segera difungsikan," kata dia.
     
Mekanisme pengelolaannya, lanjut dia, juga harus dibuat regulasinya. Dan pengelolaannya diserahkan kepada pihak ketiga, sehingga keberadaan fasilitas PPI tersebut juga memberi pemasukan bagi pemerintah daerah.
     
"Misalnya gudang pendingin, pengelolaannya diserahkan saja kepada pihak ketiga. Kalau dikelola dinas atau instansi pemerintah, biasanya lebih banyak biaya pengeluaran ketimbang pendapatan," pungkas Nurzahri.
 

Pewarta: M.Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018