Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Forkopimda dan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Blitar, Jawa Timur, belajar penerapan syariat Islam di Aceh, khususnya Banda Aceh dan studi tiru kerukunan umat beragama di kota setempat.

"Kedatangan kami unsur Forkompimda dan juga FKUB Blitar merupakan bagian untuk mempelajari penerapan syariat Islam dan korelasinya dengan kerukunan hidup umat beragama," kata Bupati Blitar, Rijanto di Banda Aceh, Kamis.

Di sela-sela kunjungannya ke Banda Aceh dan diterima langsung oleh Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, Rijanto mengemukakan setelah tiba di Banda Aceh, pihaknya dapat melihat langsung penerapan syariat Islam yang berlaku di Banda Aceh khususnya.

"Penerapan syariat Islam bisa mengayomi umat agama lain. Ini luar biasa. Rumah ibadah dan juga sekolah-sekolah agama berdiri berdampingan tanpa ada permasalahan. Syariat Islam tegak dan kehidupan umat beragama bisa berjalan dengan baik," ujarnya.

Rijanto berharap hubungan baik yang telah terjalin antara Banda Aceh dan Blitar dapat terus ditingkatkan pada masa mendatang dan pihaknya menunggu kunjungan Wali Kota Banda Aceh ke Blitar untuk bersilaturahim dan bertukar wawasan serta pengalaman demi kemajuan Indonesia.

Dalam kunjungan tersebut turut didampingi istri Ninik Tjatur Anggraini, Kapolres Anissullah M Ridha, Sekdakab Blitar Totok Subihandono dan sejumlah kepala SKPD serta ketua dan pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Blitar.

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman mengatakan kehidupan antarumat beragama yang paling rukun di Indonesia bahkan dunia ada di Kota Banda Aceh yang saat ini terus berlanjut dan terjaga dengan baik.

Menurut Aminullah, penduduk Banda Aceh mayoritas beragama Islam dan Aceh telah menerapkan syariat Islam sejak 2002 silam, namun tidak pernah terjadi konflik berlatar belakang agama di Banda Aceh.

"Jika pun ada gesekan di tengah-tengah masyarakat itu murni karena persoalan pribadi bukan agama," ungkapnya.

Ia mengatakan salah satu kunci kerukunan umat beragama di Banda Aceh yakni segenap elemen kota telah menyadari akan kebutuhan keamanan dan ketenangan dalam hidup bermasyarakat, yang menjadi syarat penting dalam menyukseskan pembangunan.
 

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018