Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah menegaskan, Presiden Joko Widodo dijadwalakan akan melakukan "groudbreaking" atau peletakan batu pertama ruas tol Sigli-Banda Aceh sepanjang 73 kilometer di akhir tahun ini.

"Groudbreaking, Insya Allah akan dilakukan Presiden. Kita sebenarnya menjadwalkan akhir bulan ini, tetapi bapak Presiden sedang banyak acara," ujar Nove usai menyerahkan 20 bidang tanah di ruas tol tersebut di Banda Aceh, Kamis.

Ia menerangkan, Presiden Joko Widodo memiliki agenda kerja yang cukup padat hingga akhir bulan Novermber 2018, seperti ke Singapura, dan Papua Nugini.?

Namun pihaknya menyakini kegiatan kepala Negara baru tersedia setelah berbagai kunjungan kerja dilakukan hingga memasuki bulan Desember tahun ini.

Seperti diketahui, Pemerintah Aceh telah berulang kali mengangendakan peletakan batu pertama dilakukan Presiden Joko Widodo, sehingga proyek jalan tol dapat langsung dikerjakan sepanjang tujuh kilometer pertama.

Pihak rekanan dari PT Hutama Karya (Persero) telah menyanggupi dengan menggunakan anggaran mereka terlebih dahulu, setelah dilakukannya penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) ruas Sigli-Banda Aceh pada Jumat, 20 Juli 2018.

"Mungkin setelah itu ya. Kita perkirakan pekan kedua di Desember 2018," kata Nova.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhajir Effendi ketika membuka Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) Ke-7 di Agutus 2018 menyebut, Presiden batal menghadiri pembukaan seremonial proyek Nasional ini.

"Saya baru mendapat kabar tadi siang, bahwa Presiden Jokowi batal hadir ke Aceh. Saya kemari sebenarnya dalam kapasitas mendampingi beliau," ujar Effendi.

Menteri ini mengaku, karena ada urusan bersifat mendesak di ibu kota yang tidak bisa ditinggalkan oleh Presiden. "Sebenarnya bukan acara ini saja yang dibatalkan, banyak acara lain juga dibatalkan. Karena ada urusan penting, dan mendesak tidak bisa ditinggalkan," tutur Effendi.

Padahal saat ini terdapat beberapa agenda Presiden di Aceh, di antaranya selain membuka PKA Ke-7, juga melakukan peletakan batu pertama proyek tol Aceh.

Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018