Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Dinas Pendidikan Aceh menjalin kerja sama dengan PT Socfin Indonesia (Socfindo) yang bergerak dibidang kelapa sawit dalam upaya pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di daerah setempat.
     
Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Socfindo yang belangsung di kantor perusahaan tersebut di Sumatera Utara, Medan.
     
"Kerja sama yang kita lakukan ini merupakan bagian meningkatkan mutu pendidikan bidang SMK di Aceh dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki para pihak," kata Kadisdik Aceh, Syaridin di Banda Aceh, Jumat.
     
Ia menjelaskan Dinas Pendidikan merupakan perwakilan Pemerintahan Aceh yang bertanggung jawab dalam pengembangan pendidikan khususnya di Provinsi Aceh dan disebut sebagai pihak Pertama.
     
Sementara Badan Usaha patungan (Join Venture), antara Plantation Nord Sumatera dengan Pemerintah Republik Indonesia di bawah Kementerian BUMN yang bergerak di bidang industri pengolahan Kelapa sawit, Karet serta produsen benih unggul Kelapa sawit di Indonesia selaku pihak kedua.
     
Ia mengatakan para pihak berencana untuk mengadakan kerja sama secara kelembagaan untuk mendukung tugas pokok masing-masing pihak, yang meliputi bidang Praktik Kerja Lapangan (PKL), penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
     
Ia menjelaskan, ruang lingkup nota kesepahaman ini mencakup praktik kerja lapangan, magang guru, magang siswa, teaching factory smk dan informasi lowongan pekerjaan.
     
Syaridin juga berharap pihak kedua dapat melaksanakan kegiatan tersebut sesuai dengan kesepakatan waktu antara kedua belah pihak serta pihak kedua memberikan nilai dan menerbitkan Surat Keterangan telah selesai melakukan kegiatan bagi peserta yang telah mengikuti kegiatan.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019