Banda Aceh (Antaranews Aceh) - TNI Angkatan Udara memperkenalkan alat utama sistem persenjataan (alutsista) kepada pada ratusan pelajar PAUD, SD, SMP hingga Sekolah Penerbagan di Bandar Udara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar.

"Demi terciptanya hubungan yang baik kami membekali generasi bangsa atau memperkenalkan alutsista TNI AU kepada pelajar di Aceh," kata Komandan Batalyon 469 Paskhas Letkol Pas Jumongga Sitinjak usai latihan terjun penyegaran (Junggar) statik dan free fall 105 Kopaskhas TNI AU di Pangkalan Udara Sultan Iskandar Muda , Aceh Besar, Aceh, Jumat.

Ratusan pelajar SD, SMP dan Sekolah Penerbangan di Aceh Besar terlihat memadati Pangkalan Bandara Udara Sultan Iskandar Muda dan dipersilahkan masuk ke Pesawat Herculues A-1318.

Para pelajar tersebut didampingi Kopaskhas TNI AU dan menjelaskan ragam alutsista di pesawat Herculues A-1318 yang parkir di Apron Pangkalan Udara, Sultan Iskandar Muda.

Jumongga Sitinjak menyatakan, pesawat Hercules TNI Angkatan Udara C130 mengangkut 105 Kopaskhas masing-masing, penerjun payung statik pada ketinggian 1.200 kaki dan penerjung payung freefall 2.000 kaki.

"Penerjung payung statik 80 personil dan penerjun freefaal 25 personil. Personil ini sudah dilatih sejak tiga bulan terakhir," ujar Jumongga Sitinjak.

Kemudian, Wanita Angkatan Udara (WARA) dari Kesatuan Paskhas TNI AU juga terlihat menunjukkan kebolehannya dan terjun payung Free faal pada ketinggian 2.000 kaki.

"WARA dari Paskhas TNI AU terus kita latih dan nantinya bisa tampil di perlombaan nasional maupun internasional," imbuhnya.
 

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019