Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Sebanyak 402 mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Gajah Putih Takengon melaksanakan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) di dua Kabupaten di dataran tinggi Gayo yakni Bener Meriah dan Aceh Tengah.

"Pengabdian mahasiswa kepada masyarakat merupakan suatu keharusan yang dilakukan mahasiswa sesuai dengan semangat tri dharma perguruan tinggi," kata Wakil Bupati Aceh Tengah, Firdaus di Takengon, Senin.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela pelepasan peserta KPM dari STAIN Gajah Putih untuk dua kabupaten/kota yakni Aceh Tengah dan Bener Meriah dan khusus untuk Aceh Tengah akan ditempatkan di Kecamatan Ketol.

Ia menjelaskan semangat tri dharma perguruan tinggi yang salah satunya pegabdian kepada masyarakat harus tetap menjadi roh dan jiwa pada setiap mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu.

Ia juga berpesan kepada peserta KPM dari STAIN Gajah Putih agar dapat menghormati adat istiadat yang berlaku di tempat di mana peserta KPM akan melaksanakan pegabdian kepada masyarakat.

"Berbagilah dengan masyarakat terhadap berbagai ilmu yang ada dibangku kuliah sesuai dengan bidang masing-masing dan ikut berkontribusi untuk pembangunan kampung dan desa dengan beragam inovasi yang dimiliki," kata Firdaus.

Ia juga mengingatkan kepada seluruh mahasiswa KPM dapat berperilaku dengan baik dalam berinteraksi dengan masyarakat serta menjaga nama baik perguruan tinggi di manapun mahasiswa berada.
 

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019