Sabang (Antaranews Aceh) - Penampilan tarian tradisonal Aceh yakni, "tarek pukat" sambut kunjungan Kapal Pesiar MS Seven Seas Mariner berbendera Bahamas/Nassau di Pelabuhan CT-3 Badan pengusahaan Kawasan Sabang padaSelasa.

Kapal MS Seven Seas Mariner berbendera Bahamas/Nassau berangkat dari Pulau Penang (Malaysia) dan melakukan kunjungan wisata ke Pulau Weh (Sabang), Provinsi Aceh.

"Kapal pesiar MS Seven Seas Mariner ini membawa ratusan wisatawan mancanegara untuk melakukan kunjungan wisata ke Sabang," kata Plt Kepala BPKS, Razuardi melalui Kepala Unit Manajemen Pelabuhan BPKS, Zulkarnaini Abdullah di Pelabuhan CT-3 BPKS usai penyambutan Kapal MS Seven Seas Mariner.

Tarian tarek pukat bersamaan dengan tiupan seurune kale dan pemukalan rapai memeriahkan penampilan tarian etnis Aceh tersebut dan mendapat sambutan meriah dari penumpang kapal pesiar. 

Bahkan, ratusan penumpang kapal terlihat berdiri diatas kapal menyaksikan penampilan tarian etnis Aceh itu. Ada pun filosofi tarian tarek pukat yakni, menggambarkan kekompakan masyarakat pesisir khususnya aktivitas para nelayan Aceh saat menangkap ikan di laut.

Ratusan penumpang kapal pesiar tersebut terlihat turun dari atas kapal serta berkunjung ke sejumlah desnitasi wisata bahari dan heritagge mengguakan jasa angkutan umum dan sebagaian diataranya berjalan kaki menyusuri perkotaan kota madya pulau terluar paling barat Indonesia.

Kapal pesiar berbendera Bahamas/Nassau itu bobotnya 48.075 gross tonnage dan panjang 216,01 meter sandar di Pelabuhan CT-3 BPKS pada pukul 11:00 Wib. kemudian akan meninggalkan Sabang menuju Yangoon (Myanmar) pada pukul 17:00 Wib dini hari.

"Kapal ini sandar selama enam jam di Sabang dan penumpangnya melakukan kunjungan wisatawan wisata bahari serta hiritagge yang tersebar disekitaran Kota Sabang," ujarnya.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sabang Anton Helistiawan melalui Kasi Lalulintas dan Izin Tinggal Keimigrasian, Sayid Azhar menyebutkan, kapal pesiar berbendera Bahamas/Nassau mengangkut wisatawan mancanegara keseluruhan 653 dan 452 crew atau anak buah kapal (ABK). 

"Kapal pesiar ini melakukan kunjungan wisata ke Sabang dan jumlah penumpangnya keseluruhan 653 orang berasal dari, 31 negara di Asia, Eropa hingga Afrika. Kemudian, jumlah crew-nya keseluruhan 452 orang berasal dari 39 negara," sebutnya.  
 

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019