Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman meminta satuan kerja pemerintah daerah memfokuskan memerangi kemiskinan di ibu kota provinsi Aceh itu yang masih berada di angka 6,78 persen

"Fokuskan perangi kemiskinan. Intensifkan perang terhadap kemiskinan dengan program-program yang konkret," katanya di Banda Aceh, Senin.

Pernyataan tersebut dikemukakan Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Banda Aceh Tahun 2020.

Agenda tahunan tersebut diikuti oleh sekitar 200 peserta lintas instansi mulai dari kalangan birokrat, akademisi, lembaga swadaya masyarakat, organisasi masyarakat, organisasi profesi, maupun pihak swasta.

Wali Kota menyebutkan, angka kemiskinan di Kota Banda Aceh saat ini 6,78 persen dan pengangguran 7,29 persen. Keduanya sudah mulai menurun, dan diharapkan terus turun.

Oleh karena itu, Wali Kota menginstruksikan agar pengelolaan anggaran daerah difokuskan untuk menurunkan kemiskinan dan pengangguran dengan program yang menyentuh langsung masyarakat.

Program tersebut, di antaranya membangun rumah layak huni bagi kaum duafa serta semakin memperluas cakupan bantuan modal bagi pedagang kecil.

"Termasuk pelatihan keterampilan bagi angkatan kerja serta membantu modal dan peralatan kerja, sehingga mampu membuka lapangan kerja bagi orang lain," kata Aminullah Usman.
 

Pewarta: M.Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019