Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Pemerintah Gampong (desa) Sikundo, Kecamatan Pante Ceureumen dalam tahun 2019  berencana mengembangkan wisata alam dan olahraga air arung jeram di kawasan pedalaman ini.

"Usulan kegiatan ini juga sudah kami sampaikan ke pemerintah daerah, melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Aceh Barat," kata Kepala Desa Sikundo, Pante Ceureumen, Muhammad Jauhari kepada Antara, Sabtu (30/3).

Mereka beralasan pengembangan wisata alam dan olahraga air di kawasan pedalaman tersebut disebabkan Sikundo yang berada di kawasan hutan lindung tersebut memiliki potensi olahraga arung jeram, karena arus sungai di kawasan tersebut sangat deras dan layak dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata alam di Aceh Barat.

Tak hanya itu, dengan perpaduan alam yang masih sangat asri dan alami, kawasan ini juga sangat cocok dijadikan sebagai salah satu tempat perkemahan atau camping.

"Nanti kita juga akan sediakan penginapan sejenis cottage disini, agar wisatawan yang berkunjung akan lebih mudah," kata Jauhari.

Semua konsep wisata alam tersebut akan dikemas secara profesional dengan mengedepankan wisata Islami dan konsep halal, dengan berpedoman pada aturan syariat Islam yang saat ini berlaku di Aceh.

Nantinya destinasi wisata alam dan olahraga air tersebut sepenuhnya akan dikelola oleh badan usaha milik gampong (BUMG/BUMDes) Sikundo, Kecamatan Pante Ceureumen, dan diharapkan akan menjadi salah satu pendapatan asli desa setempat dan menambah lapangan kerja baru bagi masyarakat di wilayah pedalaman setempat, tutupnya.

Pewarta: T Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019