Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar menyatakan kesan masyarakat terhadap pelayanan publik yang diberikan oleh Satuan kerja Perangkat Kabupaten yang bersentuhan langsung dengan masyarakat menjadi parameter kualitas pelayanan.

"Kesan yang disampaikan masyarakat menjadi ukuran pelayanan, kalau kesannya tidak baik maka kinerja Pemerintah daerah dinilai lemah, sebaliknya kalau pelayanan dapat dilakukan dengan prima, maka kinerja Pemerintah daerah dinilai sudah mampu memenuhi harapan masyarakat," katanya di Takengon, Kamis.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela melantik Mustafa Kamal sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Tengah.

Ia menjelaskan Disdukcapil merupakan satu unit kerja yang pelayanannya bersentuhan langsung dengan masyarakat, sehingga masyarakat yang menerima pelayanan dapat merasakan langsung, apakah mereka dilayani dengan baik atau tidak.

Shabela berpesan untuk mewujudkan semangat pelayanan yang lebih baik, Kadisdukcapil yang baru harus memimpin organisasi dengan semangat kebersamaan dan kerjasama antara pimpinan dan bawahan serta sesama karyawan.

"Optimalkan kantor yang saat ini untuk meningkatkan pelayanan, karena pelayanan yang baik tidak ditentukan besar atau kecilnya kantor, tapi bagaimana menciptakan sistem agar pelayanan dapat dilakukan dengan efektif dan efisien," katanya.

Shabela juga menekankan agar Disdukcapil selalu mengikuti perkembangan, baik berupa kebijakan pemerintah maupun kebutuhan pelayanan yang lebih baik dengan memanfaatkan teknologi informasi.

"Kita ketahui, tidak semua masyarakat punya akses yang baik ke kota dan belum semua warga memiliki kesadaran tentang administrasi kependudukan, maka lakukan secara menyeluruh dan pelayanan jemput bola," katanya.

Pelantikan Kadisdukcapil Aceh Tengah Mustafa Kamal yang sebelumnya menjabat Kepala Bagian Humas Setdakab Aceh Tengah turut dihadirii Sekretaris Daerah, Karimansyah, para Staf Ahli dan Asisten Setdakab, para Kepala OPD, sejumlah wartawan dan ASN Aceh Tengah.
 

Pewarta: M Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019