Tanaman jagung demontration plot (demplot) seluas dua hektare milik Kodim 0114/Aceh Jaya di Desa Tanoh Manyang, Kecamatan Teunom, mulai dilakukan panen perdana, Senin (1/7).

Komandan Kodim 0114/Aceh Jaya Letkol Kav Andhie Suryatama, Muspika Teunom, Danki D Yonif 116/GS, Ketua Forum Keuchik Teunom, BPP Teunom, PPL serta kelompok tani turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Dandim Letkol Kav Andhie Suryatama usai melakukan panen perdana kepada Antara menyampaikan, pembuatan lahan demplot tersebut merupakan program Kodim 0114/Aceh Jaya untuk mewujudkan ketahanan pangan, juga menjadi contoh terhadap masyarakat yang ada di daerah itu.

“Kegiatan ini merupakan program ketahanan pangan Kodim 0114/Aceh Jaya. Program ini dibuat sebagai contoh kepada masyarakat dengan harapan para masyarakat dapat membuka kebun dan mengembangkannya, guna meningkatkan perekonomian keluarga," kata Dandim.

Baca juga: Kapten Samsudin raup untung belasan juta rupiah perminggu dari pepaya madu

Andhie menyampaikan, saat ini banyak masyarakat yang sudah mulai mengikuti program dari Kodim Aceh Jaya, dan pihaknya akan terus membantu masyarakat melalui Babinsa yang telah di tempatkan di setiap kecamatan.

"Alhamdulilah masyarakat saat ini sudah mulai bergerak mengikuti program yang dibuat oleh Kodim 0114/Aceh Jaya seperti ketahanan pangan yang kita laksanakan saat ini," ungkap Dandim.

Dandim juga menjelaskan, lahan demplot seperti ini telah dikembangkan di setiap Koramil jajarannya dengan luas masing-masing dua hektare.

"Bukan hanya jagung, kita juga mengembangkan tanaman lainnya seperti sayur kacang panjang, terong dan cabai," tutup Dandim.

Sementara itu, Camat Teunom, Abdul Azis kepada Antara menyampaikan, masyarakatnya sangat terbantu dengan adanya program yang dikembangkan oleh pihak Kodim 0114 Aceh Jaya, sehingga sejumlah masyarakat sudah banyak yang mengikuti untuk bertani jagung.

"Saat ini jarang pemuda yang duduk nongkrong di warung–warung mereka sudah mulai banyak bertani jagung berkat bantuan dari pemerintah dan juga demplot yang dikembangkan oleh pihak TNI ini," ungkapnya.

Ia menyampaikan khusus di Kecamatan Teunom hampir semua desa sudah mulai bertani jagung, namun Desa Teupin Ara merupakan desa yang sudah sangat menjiwai terkait bertani jagung, hampir semua masyarakat di wilayah tersebut bertani jagung.

Demplot adalah suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani, dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan.

Turut hadir pada acara panen perdana jagung demplot, Muspika Teunom, Danki D Yonif 116/GS, Ketua Forum Keuchik Teunom, BPP Teunom, PPL serta Ketua kelompok tani Kecamatan Teunom.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019