Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar mengutarakan harapannya agar Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUKM) di daerah setempat dapat memanfaatkan kredit usaha rakyat (KUR) untuk mengembangkan usahanya.

"KUR merupakan salah satu sumber permodalan UMKM dengan bagi hasil yang rendah, sehingga harus dimanfaatkan oleh kalangan UMKM guna mengembangkan usahanya," katanya di Takengon, Jumat.

Pernyataan itu disampaikannya dalam pidato tertulis dibacakan Asisten II Setdakab Aceh Tengah, Harun Manzola di sela-sela membuka Sosialisasi KUR bagi KUMKM di Kabupaten Aceh Tengah.

Ia menjelaskan dengan adanya kegiatan tersebut para pelaku usaha yang ada di Kabupaten Aceh Tengah dapat memahami terhadap program yang telah dicanangkan oleh pemerintah tersebut untuk membantu UMKM.

"Kami sangat berharap pelaku UMKM di Aceh Tengah bisa memanfaatkan KUR untuk pengembangan usaha demi tercapainya kesejahteraan bangsa," katanya.


Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Koperasi Aceh, Badri menjelaskan sosialisasi tersebut bertujuan memberdayakan usaha mikro kecil dalam memperoleh akses pembiayaan kredit untuk melakukan usaha produktif sehingga dapat mengembangkan usaha menjadi lebih produktif.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya tercapainya Pembangunan sektor rill dan pemberdayaan KUMKM dan ini merupakan momentum penting dalam pembinaan Koperasi dan UMKM di Kabupaten Aceh Tengah.


Program Akses Pembiayaan bagi UMKM melalui KUR adalah program pemerintah dalam upaya meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing UMKM serta koperasi yg harus segera diimplementasikan dan dioptimalkan.

Kredit usaha rakyat merupakan progra pemerintah yang memberi kemudahan untuk UMKM memperkuat usahanya melalui akses pembiayaan serta investasi yang ditunjukkan bagi usaha produktif dan layak dalam berbagai sektor usaha.

 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019