Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah memastikan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dan Kabupaten Aceh Jaya sebagai calon lokasi kawasan ekonomi khusus (KEK) barat-selatan.

"Saya memastikan dalam rancangan KEK baru yang akan kita kembangkan di pantai barat-selatan, ada dua calon lokasi KEK. Pertama di Surin, yang kedua Calang," katanya di Blangpidie, Minggu.

Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyampaikan pernyataan tersebut saat memberikan kata sambutan hari puncak acara Bulan Bhakti Peternakan 2019 di lapangan Pulau Kayu, Kecamatan Susoh, Kabupaten Abdya.

Baca juga: Empat kabupaten ini berpotensi jadi pusat KEK barat-selatan Aceh

Di acara tersebut hadir Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI diwakili Direktur Pakan, Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Sri Widayati, Kepala SKPA Aceh, Bupati Abdya Akmal Ibrahim, Bupati Aceh Barat, Wakil Bupati Aceh Jaya, unsur Forkofimkab Abdya, dan seluruh warga dan peserta Expo Ternak dari 23 kabupaten/kota.  

Nova Iriansyah mengatakan, dua calon lokasi yang cikal bakal jadi pusat KEK di pantai barat-selatan Aceh tersebut, pertama di Teluk Surin, Abdya dan satu lagi Calang, Aceh Jaya.

"Kami mohon doa, karena permohonannya sudah kami masukkan melalui Pak Moeldoko untuk Presiden RI," terang Nova.

Baca juga: Aceh Jaya berpeluang jadi KEK pariwisata Aceh

Menurut Nova, jika nanti permohonan KEK barat-selatan tersebut sudah dimasukkan dalam rapat terbatas (pimpinan Negara), maka embrio pada KEK barat-selatan sudah menjadi kenyataan.

"Jika KEK ini sudah lahir, maka anggaran triunan rupiah (dari Pemerintah ) akan mengalir ke KEK barat-selatan Aceh ini," tuturnya.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Aceh juga menyerahkan hadiah kepada pemenang Expo Ternak ke-10 tingkat Provinsi Aceh yang diikuti oleh 23 kabupaten/kota sejak 11-14 Juli 2019.

Pewarta: Suprian

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019