Sebanyak 854 calon mahasiswa mengikuti Seleksi mandiri masuk perguruan tinggi (SMMPTN) wilayah barat Indonesia tahun 2019 di Kampus Universitas Malikussaleh (Unimal) di Cot Tengku Nie Reuleut, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara, Kamis (18/7).

Dalam pelaksanaan ujian tersebut  turut hadir Rektor Unimal Dr Herman Fithra yang didampingi Pembantu Rektor Bidang Akademik Jullimursyida PhD.

 Jullimursyida menyebutkan data peserta ujian jalur mandiri di Unimal awalnya berjumlah 871 orang. Namun yang tervalidasi hingga proses akhir pendaftaran dan ikut ujian adalah hanya 854 orang.

"Dari sejumlah calon mahasiswa yang ikut tersebut yang paling banyak peminatnya adalah Prodi Ilmu Kedokteran, dan Prodi Sistem Informasi Fakultas Teknik, dan Prodi Agroekoteknologi Fakultas Pertanian," katanya.

Sementara Rektor Dr Herman Fithra mengatakan SMMPTN itu dikelola oleh 15 PTN yang tergabung dalam BKS PTN Wilayah Barat dan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri penyelenggaraannya dilakukan secara bersama antar perguruan tinggi negeri.

"Kelulusannya ditentukan berdasar hasil ujian tulis berbasis cetak (UTBC) atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan yang dilakukan secara bersama di bawah koordinasi panitia SMM PTN-Barat," jelas Herman.

Tambahnya, untuk kelulusan calon mahasiswa SMMPTN tidak ada kewenangan dari kampus, dan itu ditentukan oleh pusat berdasar hasil ujian yang telah diikuti.

"Kampus tidak ada kewenangan untuk meluluskan Calon Mahasiswa SMMPTN, kelulusannya ditentukan oleh pusat, dan kita harapkan kepada peserta yang mengikuti ujian di Unimal mendapat nilai yang terbaik," tandas Herman.

 

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019