Forum Dakwah Perbatasan Aceh menyalurkan puluhan ekor hewan kurban ke berbagai daerah perbatasan dan pedalaman di provinsi ujung Barat Indonesia tersebut.

Ketua Forum Dakwah Perbatasan Aceh, Nurkhalis di Banda Aceh, Jumat, mengatakan puluhan hewan tersebut merupakan qurban pengurus dan juga simpatisan forum dakwah.

"Hewan qurban yang disalurkan sebanyak 40 ekor domba. Hewan qurban tersebut disalurkan ke daerah perbatasan dan pedalaman karena konsentrasi dakwah kami di wilayah itu," jelasnya.

Baca juga: Warga Abdya kurban 1.500 ekor untuk Idul Adha

Ia menerangkan, penghimpunan dan penyaluran hewan qurban merupakan yang pertama dilakukan Forum Dakwah Perbatasan Aceh. Dan diharapkan program penghimpunan dan penyaluran hewan qurban berlanjut di Idul Adha tahun berikutnya.

"Forum Dakwah Perbatasan sebagai lembaga penyalur berterimakasih kepada para mudhahhi atau orang berkurban. Sebab, telah mempercayai Forum dakwah yang mendistribusikan qurban mereka,” lanjut dia.

Puluhan hewan tersebut disalurkan ke Kota Subulussalam, Pulau Banyak di Aceh Singkil, Aceh Tenggara, serta beberapa daerah lainnya di pedalaman dan perbatasan Aceh.

Baca juga: 402 relawan akan monitoring kesehatan hewan kurban di Aceh

Selama ini, di masyarakat sebagian wilayah perbatasan dan pedalaman Aceh jarang menyembelih hewan qurban karena ekonomi masyarakatnya kurang mampu

Dengan penyaluran hewan quran ini, kata dokter spesialis jantung dan pembuluh darah tersebut, akan menumbuhkan kepedulian sesama umat Islam, baik mereka yang ada di perkotaan dengan di perbatasan dan pedalaman Aceh.

Baca juga: PT Mifa Bersaudara sumbang belasan sapi kurban untuk warga Aceh Barat

"Kami berharap kegiatan penyaluran hewan qurban ini memperkokoh persaudaraan, sehingga kaum muslimin di perbatasan dan pedalaman itu tidak merasa sendirian," tambah Nurkhalis.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019