Dua jamaah haji kloter-4 harus mendapatkan perawatan di klinik kesehatan asrama haji Aceh lantaran baru menjalani operasi bypass jantung di rumah sakit Arab Saudi dan seorang lainnya menderita demensia.

"Alhamdulillah, jamaah kloter empat sehat sehat saja. Hanya dua jamaah Ramli Usman (67) dan Bukhari bin Bustamam Kasim (74) yang kita bawa ke klinik asrama untuk perawatan lanjutan," kata petugas kesehatan debarkasi Aceh, dr Maya Sofia, Sabtu.

Sementara itu wakil ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Aceh, H Saifudin mengatakan sebanyak 388 jamaah haji kloter empat mendarat dengan selamat di Aceh melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, pukul 00.21 WIB.

Baca juga: Derita kanker dan hipertensi, dua jamaah debarkasi Aceh dirujuk ke rumah sakit

"Alhamdulillah, meski sedikit bergeser waktunya jamaah kita kloter empat telah tiba tanah air," katanya.

Dia menjelaskan, jamaah yang kembali ke Aceh dari kloter empat tersebut berkurang seorang, karena meninggal dunia ketika di Arab Saudi.

Baca juga: 392 jemaah haji debarkasi Aceh kloter 1 tiba di tanah air

Kata dia, dari 392 jamaah yang berangkat dari Aceh maka total jamaah yang kembali dari kloter ini sebanyak 388 orang dengan rincian 163 jamaah laki-laki dan 225 jamaah perempuan.

"Ada satu jamaah wafat, dan tiga lagi mutasi keluar, yang sudah lebih dulu kembali bersama kloter dua," katanya.

Dia menjelaskan, seorang jamaah yang meninggal tersebut yakni Ibrahim Abdullah (76) asal kecamatan Simpang Tiga, Aceh Besar. Dan tiga jamaah yang kembali bersama kloter dua yakni Juwariah Latif Musa, Abdullah Harun Yusuf dan Rustam Efendy Muhammad Yusuf.

Hingga saat ini, kata Saifudin, sebanyak 1.559 jamaah haji yang telah tiba di Aceh dengan rincian 392 jamaah kloter satu, kemudian 1.388 jamaah kloter dua, 391 jamaah kloter tiga dan 388 jamaah dari kloter empat. Serta 3.107 jamaah masih di Arab Saudi. 

Pewarta: Khalis

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019