Pemerintah Kabupaten Aceh Barat menargetkan agar dapat meraih sertifikat Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia pada tahun 2019 sebagai daerah yang mampu menerapkan kota yang bersih, sehat dan hijau.

"Kami mohon doa kepada seluruh masyarakat di Aceh Barat, agar harapan ini dapat tercapai," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Aceh Barat, Mulyadi  di Meulaboh, Sabtu.

Baca juga: Aceh Barat lanjutkan program bantuan modal usaha Rp150 juta per desa

Agar harapan tersebut dapat tercapai, pihaknya bersama sejumlah elemen pemerintah dan komponen masyarakat di Aceh Barat kini terus berupaya melakukan pembenahan di sejumlah sektor sarana publik, lembaga pendidikan, sarana publik serta sektor lainnya untuk dilakukan pembersihan dan penataan.

Hal ini diharapkan mampu mendorong terwujudnya Aceh Barat yang bersih, hijau, sehat dan mampu mewujudkan kota yang layak huni.

Baca juga: Lahan gambut kembali terbakar di Aceh Barat

Selain itu, pihaknya berharap upaya tersebut diharapkan mampu mengintegrasikan aspek pembangunan ekonomi, pembangunan sosial, dan pembangunan lingkungan dengan mendorong partisipasi aktif masyarakat.

"Saat ini kita juga sudah berkoordinasi dengan intansi terkait yang menjadi sasaran objek penilaian, sehingga nantinya cita-cita tersebut dapat diwujudkan dalam tahun ini," kata Mulyadi.

Baca juga: Seluruh perbankan di Aceh wajib terapkan sistem syariah tahun 2020

Ia juga mengakui upaya untuk mendapatkan sertifikat Adipura di Aceh Barat juga sudah mendapatkan respons positif dari pimpinan daerah serta berbagai elemen sipil maupun pemerintah, sehingga diharapkan Aceh Barat mampu mewujudkan kota yang bersih, sehat dan nyaman, katanya.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019