Sebanyak 13 tim sepak bola sekolah menengah pertama dari kabupaten/kota mengikuti kejuaraan bertajuk Gala Siswa Indonesia (GSI) Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2019. 

Sekretaris Dinas Pendidikan Aceh Teuku Nara Setia di Banda Aceh, Selasa, mengatakan, kejuaraan sepak bola tingkap SMP tersebut berlangsung hingga 15 September mendatang.

"Kejuaraan ini diikuti 234 pemain sepak bola usia anak SMP. Kejuaraan ini dipusatkan di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh," kata Teuku Nara Setia.

Teuku Nara Setia menyebutkan, kejuaraan ini merupakan ajang menumbuh kembangkan bakat, minat dan prestasi bidang olah raga sepak bola melalui kegiatan ekstakurikuler yang diadakan berjenjang.

"Kejuaraan Gala Siswa Indonesia adalah program berlevel nasional didukung penuh KONI, PSSI, serta Dinas Pendidikan. Kejuaraan ini berlangsung dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi hingga nasional," kata Teuku Nara Setia.

Kejuaraan Gala Siswa Indonesia dikemas secara profesional sebagai wadah menjaring siswa yang berbakat di bidang sepak bola. Pemain yang terpilih dari kejuaraan gala siswa tersebut nantinya dikirim berlatih keluar negeri.

Pertandingan berlangsung di Stadion Harapan Bangsa dan lapangan sintetis Lhong Raya, Banda Aceh. Sedangkan format pertandingan gala siswa mengadopsi sistem setengah kompetisi.

"Tim juara selanjutnya akan mewakili Aceh ke Gala Siswa Indonesia tingkat nasional yang direncanakan pada 30 September hingga 13 Oktober mendatang," kata Teuku Nara Setia.

Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan menyediakan hadiah berupa piala, sertifikat dan uang tunai. Juara pertama mendapat Rp20 juta, juara dua Rp15 juta, dan juara tiga Rp10 juta.

"Kejuaraan ini digelar untuk meningkatkan kecintaan dan apresiasi terhadap sepak bola dan menumbuhkan jiwa sportivitas. Ini kejuaraan yang kedua digelar di Aceh," kata Teuku Nara Setia.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019