Senin, 23 Oktober 2017

UTU sambut kedatangan ratusan mahasiswa baru

id universitas teuku umar
Meulaboh (ANTARA Aceh) - Civitas akademika Universitas Teuku Umar (UTU), Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh. menyambut ratusan mahasiswa baru yang mengenakan seragam Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat di kampus itu.

Rektor UTU Prof Dr Jasman J Makruf, SE, MBA di Meulaboh, Jumat, mengatakan, mahasiswa baru diwajibkan mengenakan seragam sekolah dengan harapan agar budaya coret mencoret seragam sekolah ketika lulus Ujian Nasional bisa hilang di Aceh.

"Mahasiswa baru UTU juga diwajibkan untuk mengenakan seragam sekolah dengan harapan agar budaya coret mencoret seragam sekolah ketika lulus UN untuk generasi selanjutnya bisa hilang dari negeri ini," katanya.

Penyambutan di gerbang utama UTU tersebut, dipimpin Rektor UTU Prof Dr Jasman, Wakil Rektor II, Dr Ishak Hasan, M.Si, Wakil Rektor III, Dr Ahmad Yani, M. Hum serta unsur pimpinan fakultas di lingkungan Universitas Teuku Umar.

Selanjutnya dilaksanakan silaturrahmi Mahasiswa Baru (SIMBA) UTU, digelar sejak 10-14 Agustus 2017 yang dibagikan ke dalam beberapa fakultas favorit dan ternama diperguruan tinggi yang menyandang status negeri pada 2014 itu.

Prof Jasman, menyebutkan bahwa mahasiswa baru merupakan Teuku Umar muda dan mahasiswi baru merupakan Tjut Nyak Dhien dara, sebelum memasuki kampus UTU para Teuku Umar muda dan Tjuk Nyak Dhien dara agar dapat membersihkan jiwanya.

"Hilangkan sifat AIDS yaitu Angkuh, Iri, Dengki dan Sombong terlebih dahulu, agar ke depan bisa bersih dari berbagai penyakit hati sehingga nilai-nilai pendidikan karakter akan tumbuh pada diri mahasiswa UTU," sebutnya.

Rektor berharap kepada mahasiswa baru, untuk selalu giat dalam belajar dan menjunjung tinggi nilai-nilai moralitas melalui pengembangan karakter dari berbagai disiplin ilmu yang akan dipelajari di perguruan tinggi tersebut.

Dengan demikian, mahasiswa lulusan dari perguruan tinggi UTU ke depan, tidak hanya pintar, berpengetahuan dan unggul secara akademis, namun juga diharapkan bisa menjadi generasi yang bertanggungjawab dan beretika dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk hari pertama dilaksanakan kegiatan SIMBA, turut dihadiri Danrem 012/ Teuku Umar, Kolonel Inf Nefra Firdaus, SE, MM, sekaligus menjadi narasumber pada kuliah umum tentang wawasan kebangsaan.

"Melalui penyampaian kuliah umum tersebut diharapkan akan tumbuh nilai-nilai nasionalis dan kecintaan pada negeri ini," demikian Rektor Prof Jasman J Makruf.


Editor: Salahuddin Wahid

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga