Kamis, 19 Oktober 2017

Seorang jamaah haji kloter 4 dirawat di Madinah

id aceh, jamaah haji, kesehatan
Seorang jamaah haji kloter 4 dirawat di Madinah
Ilustrasi (ANTARA News)
Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Seorang haji dari total 391 jamaah tergabung Kelompok Terbang (Kloter) 4 Debarkasi Aceh tiba hari ini, masih menjalani perawatan pada salah satu rumah sakit di Madinah, Arab Saudi.

"Masih di rawat satu orang, sedangkan 391 jamaah asal Aceh telah tiba pagi tadi sekitar jam 08.40 WIB," terang Koordinator Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Aceh, Rusli di Banda Aceh, Jumat.

Ia menjelaskan, seorang haji tersebut bernama Banta Ali Hamzah dengan nomor manifest 391 yang berasal dari Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh.

Beliau dirawat tim medis di Rumah Sakit Ann-Nur, Madinah karena mengalami gangguan atau penyakit "tracheostomy" dan "ventilator".

Di Kloter ini, lanjutnya, tercatat dua orang jamaah haji wafat akibat sakit yakni Nurhayati binti Muhammad Idris (41), dengan alamat Peunayong, Kuta Alam Banda Aceh, Sabtu, (26/8).

Lalu Hayati binti Muhammad Adam (83), berasal dari Punge Blang Cut, Meuraxa Banda Aceh, Jumat, (8/9), yang keduanya dimakamkan di Sharayya, Makkah.

Terdapat satu orang haji mutasi masuk ke Kloter 4, dari sebelumnya Kloter 2 Embarkasi Aceh atas nama Tumiyem binti Marto Rejo (74).

"Semula kita berangkatkan kloter ini total 393 orang jemaah ke Tanah Suci, dan kembali hari ini 391 jamaah. Karena dua orang meninggal, satu orang di tinggal, seorang lagi mutasi masuk dari Kloter 2," jelasnya.

Ia menerangkan, Kloter 4 merupakan kloter penuh asal Banda Aceh yang diberangkatkan dari Bandara Internasional Amir Muhammad Abdul Azis, Madinah, Kamis, pukul 20.50 WAS.

"Total hingga hari ini, sudah 1.172 jamaah asal Aceh kembali dari Tanah Suci melalui empat kloter. Terdiri dari laki-laki 465 orang, dan perempuan 707 orang," tutur Rusli.

Data PPIH Embarkasi Aceh tahun ini telah memberangkatkan 4.463 orang jamaah ke Tanah Suci terdiri 12 kloter, melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda di Kabupaten Aceh Besar.

Ke-4.463 orang itu terdiri 4.347 jemaah asal Aceh, 34 orang tim TPHD dan tim kesehatan haji daerah, 26 jemaah mutasi dari luar provinsi, dan 56 orang petugas kloter.


Editor: Salahuddin Wahid

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga