Kamis, 19 Oktober 2017

Tarian kolosal warnai pembukaan Pentas PAI di Aceh

id aceh, pentas pai, tarian klausal
Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Tarian kolosal dan penabuhan rapai pase mewarnai  pembukaan Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI)Tingkat Nasional ke VIII Tahun 2017 di Taman Sultanah Ratu Safiatuddin, Banda Aceh, Provinsi Aceh.

Pantauan Antara di lapangan Senin malam, penampilan ratusan penari kolosal yang ikut menampilkan rapai geleng dan marching band ikut memukau penonton dan tamu undangan yang hadir dalam pembukaan kegiatan nasional tersebut.

Pembukaan Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam Tingkat Nasional ke VIII Tahun 2017 dibuka langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang ditandai dengan pemukulan rapai pasee dan turut didampingi Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf.

"Pentas PAI VIII merupakan perhelatan pertama yang digelar di luar Pulau Jawa. Pentas PAI pertama hingga ketujuh sebelumnya terus digelar di Asrama Haji Bekasi Jawa Barat," kata Direktur Jenderal Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin.

"Ada 1.054 peserta dari berbagai provinsi di Tanah Air akan mengikuti delapan jenis perlombaan," kata Kamaruddin.

Pentas PAI merupakan kegiatan dua tahunan yang digelar Kementerian Agama melalui Dirjen Pendidikan Islam. Kegiatan ini menjadi wahana kompetensi untuk menumbuhkembangkan minat bakat siswa mulai jenjang Sekolah Dasar hingga SMA dan SMK.
   
"Kami berharap para peserta bisa mengamalkan nilai-nilai Islam yang rahmatan lil alamin," kata Kamaruddin.

Ada pun perlombaan yanga kan dilombakan dalam Pentas PAI VIII di antaranya MTQ, Lomba Pidato, Hifzil Quran, Cerdas Cermat, Kaligrafi dan Kreasi Busana Muslim.

Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) Tingkat Nasional ke VIII Tahun 2017 akan berlangsung di provinsi ujung paling barat Indonesia itu dari 9-14 Oktober 2017.


Editor: Salahuddin Wahid

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga