Kamis, 19 Oktober 2017

Tiga jamaah haji Aceh masih di Arab Saudi

id aceh, jamaah haji
Tiga jamaah haji Aceh masih di Arab Saudi
Jamaah haji dari berbagai negara memadati area tawaf di Masjidil Haram. (ANTARA/Gusti NC Aryani)
Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Sebanyak tiga orang jamaah haji asal Aceh masih berada di Tanah Suci menjalani perawatan pada sejumlah rumah sakit di Arab Saudi.

"Jamaah kita masih dirawat, satu di Madinah dan dua di Makkah," ucap Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Aceh, Abrar Zym di Banda Aceh, Rabu.  
    
Ia merinci, jamaah itu bernama Asiah Kaharuddin, Kelompok Terbang (Kloter) 2 menjalani perawatan di Rumah Sakit (RS) Al-Ansar, Madinah beralamat Gampong atau Desa Lamteungoh di Kabupaten Aceh Jaya.

Lalu Banta Ali Hamzah tergabung Kloter 4 dirawat di RS Al-Noor, Makkah dengan alamat  Gampong Tanjong, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar.

Terakhir Amirsyah Husin Ismail dari Kloter 6 sedang dirawat di RS Al-Noor, Makkah beralamat di Jalan Seulepok E/11, Gampong Darussalam, Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh.

"Sebagaimana yang disampaikan oleh Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Pak Ahda Barori. Bahwa masih ada 60 jamaah haji Indonesia, saat ini dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi," katanya.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag, Ahda Barori mengatakan, terdapat 60 jamaah haji Indonesia masih mendapat perawatan di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS).

Sebanyak 25 orang jamaah dirawat di RSAS Makkah, 27 orang jamaah di RSAS Madinah, dan delapan orang jamaah di RSAS Jeddah.

"Kementerian Agama melalui petugas Kantor Urusan Haji (KUH) di Jeddah, terus memantau perkembangan kesehatan mereka. Jika sudah dinyatakan sembuh atau laik terbang, akan segera diproses kepulangannya dengan penerbangan reguler," terangnya.

Ahda memastikan, biaya perawatan dan pengobatan 60 jamaah itu sepenuhnya ditanggung oleh Pemerintah Arab Saudi.

Tapi, lanjutnya, proses pemulangan dari Arab Saudi hingga di provinsi jamaah haji itu, menjadi tanggung jawab maskapai sesuai dengan kontrak.

"Dari Arab Saudi, jamaah diterbangkan ke Jakarta. Lalu diantar ke provinsi sesuai alamat jamaah yang bersangkutan. Jamaah akan didampingi tim Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah," tuturnya.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Aceh sebelumnya mengabarkan, seluruh jamaah haji asal Aceh tergabung 12 Kloter telah tiba di Tanah Air dengan jumlah 4.439 orang.

Tahun ini PPIH Embarkasi Aceh telah memberangkatkan 4.463 orang calon jemaah haji melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang di Kabupaten Aceh Besar.

Selama menunaikan ibadah haji di Tanah Suci, tercatat 24 orang jamaah haji asal Aceh wafat di Arab Saudi baik di Jeddah, Makkah, dan Madinah.


Editor: Salahuddin Wahid

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga