Jumat, 20 Oktober 2017

40 tim ramaikan lomba perahu di Lhokseumawe

id lhokseumawe, kodim aceh utara, lomba perahu
40 tim ramaikan lomba perahu di Lhokseumawe
ilustrasi: lomba perahu dayung tradisional (ANTARA News)
Lhokseumawe (ANTARA Aceh) - Sebanyak 40 tim akan meramaikan lomba perahu dayung tradisional yang digelar oleh Kodim 0103/Aceh Utara di aliran Krueng Cunda, Lhokseumawe, Sabtu (14/10).

Koordinator kegiatan Lettu Inf Haryanto di Lhokseumawe, Rabu mengatakan, lomba yang memperebutkan Piala Dandim Aceh Utara itu dilaksanakan dalama rangkaian kegiatan HUT ke-72 TNI.

Sebutnya, nomor yang akan diperlombakan adalah perahu dayung beregu yang berasal dari Aceh Utara dan juga Kota Lhokseumawe, dimana setiap perahu terdiri dari enam orang yang memiliki fungsi masing-masing.

"Dari setiap regu enam orang tersebut,  empat orang sebagai pedayung, satu orang sebagai pemegang kemudi dan satu orang sebagai pemberi semangat," ungkap Haryanto.

Lanjutnya, jarak lintasan lomba perahu tersebut sepanjang 200 meter, yang terbentang dari arah timur dan barat aliran Krueng Cunda.  
   
Sedangkan untuk daerah lintasan sudah dilakukan pengamatan dan cocok untuk dilakukan di pinggiran jalan waduk Pusong Lhokseumawe, yang menghadap ke arah aliran Krueng Cunda, jelasnya.

Masih sebut Haryanto,  mengenai  tujuan kegiatan lomba perahu dayung tradisional tersebut adalah untuk memupuk kecintaan terhadap daerah.

Apalagi, katanya, wilayah Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara, sebagiannya adalah wilayah pesisir.

Selain untuk memperkuat kebersamaan antara TNI dan rakyat, juga untuk menggairahkan olah raga air tradisional serta memperkenalkan potensi wisata di daerah untuk kemajuan perekonomian masyarakat, katanya.


Editor: Salahuddin Wahid

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga