Kamis, 19 Oktober 2017

TMMD pacu sektor perkebunan di Aceh Utara

id aceh utara, tmmd, perkebunan
Lhokseumawe (ANTARA Aceh) - Pembukaan jalan yang dilakukan oleh TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) reguler ke 100 di Desa Alu Dua, Kecamatan Nisam Antara, Kabupaten Aceh Utara diharapkan dapat memacu perekonomian masyarakat, khususnya di sektor perkebunan.

Komandan Kodim 0103 Aceh Utara Letkol Kav Fadjar Wahyu Broto di Kecamatan Nisam, Rabu mengatakan, pembukaan jalan oleh TNI bersama waerga sepanjang 4 Km antara Dusun Jabal Antara dan Rikit, akan semakin membuka akses perekonomian masyarakat di daerah tersebut.

Karena, lanjut Dandim, kawasan tersebut merupakan dataran tinggi dan merupakan daerah perkebunan seperti kopi dan kakao, sehingga dengan dibukanya jalan maka akan mempermudah petani untuk memasarkan hasil buminya.

"Dengan adanya pembukaan jalan dalam program TMMD dimaksud, akan semakin mudah dan semakin terbuka akses transportasi masyarakat petani di kawasan tersebut dalam melakukan aktivitas sehari-harinya dalam bercocok tanam dengan berbagai komoditi yang memiliki nilai kompetitif," ungkap Dandim.

Lanjutnya, sarana dan prasarana jalan adalah urat nadi perekonomian. Jika ada akses jalan yang memadai di suatu daerah, maka dengan sendirinya akan memacu perekonomian di daerah tersebut.

Oleh karena itu, dengan terbukanya akses jalan yang dibangun oleh Satgas TMMD di Desa Alu Dua yang merupakan kawasan pedalaman Aceh Utara tersebut, dapat memacu perekonomian di daerah tersebut, jelas Dandim Fadjar.

Sementara itu, proses pembukaan badan jalan sepanjang 4 Km tersebut terus dilakukan oleh Satgas TMMD.

Diperkirakan, pembukaan jalan dengan lebar enam meter tersebut dapat selesai tepat waktu, katanya.


Editor: Salahuddin Wahid

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga