Kamis, 19 Oktober 2017

Wakil Perdana Menteri Turki kunjungi Aceh

id aceh, wakil perdana menteri turki
Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Wakil Perdana Menteri Turki, Fikri Isik dijadwalkan akan mengunjungi Aceh, Jumat (13/10) pagi dalam rangka kunjungan balasan atas kedatangan Gubernur Irwandi Yusuf ke Turki.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Mulyadi Nurdin di Banda Aceh, Kamis mengatakan Fikri Isik datang ke Aceh setelah melakukan permintaan khusus kepada Presiden Joko Widodo untuk mengunjungi Aceh.

"Wakil Perdana Menteri Turki akan tiba di bandara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, Aceh Besar sekitar pukul 11.00 WIB. Bersama beliau juga akan hadir beberapa pengusaha Turki dan kemungkinan akan membahas beberapa peluang investasi di Aceh," katanya.

Dalam kunjungan tersebut, Fikri Isik akan dijemput langsung oleh Gubernur Aceh Irwandi Yusuf di Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, kemudian menunaikan salat Jumat di Masjid Raya Baiturrahman.

Menuru Mulyadi, selain kunjungan balasan, Wakil Perdana Menteri Turki ini juga sangat paham dengan hubungan masa lalu antara Aceh dan Turki dan kunjungan Fikri Isik ke Aceh juga menjadi kunjungan bersejarah untuk membina kembali hubungan baik antara Turki dan Aceh.

Sebagai buah tangan, Pemerintah Aceh berencana untuk memberikan lada sicupak dan sebilah siwah, berupa pedang Aceh, kepada Fikri Isik. Lada sicupak merupakan simbol kerja sama dua kerajaan besar masa lalu yaitu Turki Utsmani dan Aceh Darussalam.

Mulyadi Nurdin menjelaskan, seusai salat Jumat di Masjid Raya Baiturrahman, Fikri Isik bersama rombongan akan melakukan pertemuan dengan Gubernur Aceh di Pendopo, kemudian mengunjungi Museum Tsunami Aceh, perumahan Turki, makam Tengku Salahuddin di Bitay, serta komplek Istanbul Orphenage Complex (PKPU).


Editor: Salahuddin Wahid

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga