Alhamdulillah, jamaah haji yang mengalami sakit itu, yakni Muhammad Usnan SIlalahi sudah sembuh dan kembali pada Rabu (7/8) malam pukul 20.00 waktu Arab Saudi
Medan (ANTARA) - Seorang calon haji (calhaj) asal Kabuputen Asahan atas nama Muhammad Usnan Silalahi yang sempat dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekkah, Arab Saudi, karena sakit, kini sudah kembali ke kelompok terbang (kloter) 03 Embarkasi Medan, Provinsi Sumatera Utara.

"Alhamdulillah, jamaah haji yang mengalami sakit itu, yakni Muhammad Usnan SIlalahi sudah sembuh dan kembali pada Rabu (7/8) malam pukul 20.00 waktu Arab Saudi," kata Kepala Bidang Penerimaan dan Pemberangkatan Haji PPIH Embarkasi Medan Farhan Indra, saat dihubungi dari Medan, Kamis.

Menurut dia, dengan bergabungnya kembali Muhammad Usnan Silalahi ke kloter 03 Medan, maka calon haji tersebut bisa aktif seperti biasanya melaksanakan rukun haji.

"Sebab selama ini, calhaj itu terganggu dan kurang aktif karena sakit," katanya.

Ia menyebutkan, calhaj asal Sumatera Utara yang melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah itu hanya tinggal beberapa minggu lagi.

"Diperkirakan pada tanggal 23 Agustus jamaah haji asal Sumut akan kembali ke Tanah Air dari Mekkah," katanya.

Sebelumnya, dua calon haji asal Kabupaten Asahan yang tergabung pada kloter 03 Embarkasi Medan, Provinsi Sumut mengalami sakit di Tanah Suci, dan dirawat di KKHI di Mekkah.

Calhaj itu atas nama Muhammad Usnan Silalahi manifes 337, nomor paspor: B9490199 asal Pulau Rakyat Tua, Dusun IV, Kabupaten Asahan.
Ia mengalami sakit gagal ginjal dan sudah cuci darah.

Kemudian, calhaj Mardawiyah Ahmad manifes 195 nomor paspor :C3435808 asal Dusun II Banjar Air Joman, Kabupaten Asahan.
Mardawiyah Ahmad mengalami sakit retak/bergeser tulang punggungnya, dan sudah menjalani operasi .

"Saat ini calhaj yang sakit itu dalam masa pemulihan dan mohon doanya agar lekas sembuh," demikian Farhan Indra.

Sebanyak 386 jamaah haji asal Kabupaten Asahan yang tergabung pada Kloter 03 Embarkasi Medan berangkat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci.

Data di PPIH Embarkasi Medan, warga Sumatera Utara yang berangkat menunaikan ibadah haji pada 2019 sebanyak 8.641 orang.

Baca juga: KKHI Mekkah identifikasi jamaah sakit akan ikuti safari wukuf

Baca juga: Kantor Kesehatan Haji Mekkah siapkan tim khusus saat wukuf

Baca juga: Infeksi saluran pernapasan jadi penyakit utama calhaj di Mekkah

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019