Laporan Dari London (ANTARA) - Upacara peringatan detik-detik Proklamasi RI yang digelar di Kyiv Ukraina dihadiri Wakil Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Madya Fahru Zaini Isnanto, dipimpin Dubes RI untuk Ukraina, Georgia dan Armenia Prof Dr Yuddy Chrisnandi, berlangsung khidmat di halaman Wisma Duta, Sabtu.

Ketua Pelaksana Kegiatan HUT Kemerdekaan RI yang juga Kepala Kanselerai di KBRI Kyiv Gatot Amrih Djemirin kepada Antara London, Sabtu, mengatakan perayaan HUT Kemerdekaan RI kali ini KBRI Kyiv mendapatkan kejutan istimewa yaitu kedatangan KSAU ke Ukraina dalam rangka memimpin delegasi RI memenuhi undangan dari Pemerintah Ukraina.

Kehadiran Wakil KSAU di Kyiv bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan dimanfaatkan untuk menjadi tamu kehormatan dalam upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI serta resepsi diplomatik KBRI Kyiv. Turut hadir mendampingi kunjungan Wakil KSAU, Atase Pertahanan RI di Polandia Kol Hilman Zaeni.

Serangkaian acara digelar merayakan HUT Ke-74 Kemerdekaan RI di Kiev Ukraina dengan tema "SDM Unggul Indonesia Maju" diikuti seluruh staf KBRI dan warga negara Indonesia yang berada di Kyiv, Ukraina.

Tahun 2018 silam, kegiatan HUT Kemerdekaan RI di Ukraina dipusatkan di Balai Kota Kyiv. Untuk kali pertama, tahun 2019 resepsi diplomatik diadakan di Anjungan Taman Indonesia yang berlokasi di Kebun Raya Ghrysko Kyiv.

Anjungan Taman Indonesia adalah situs satu-satunya yang mencerminkan keindahan Indonesia di negeri asal pemimpin Uni Soviet Nikita Khruschev. Dalam Anjungan Taman Indonesia Kyiv, dilengkapi dengan saung dan bale serta ornamen senjata Kujang khas Jawa Barat. Ada juga tanaman tropis asal Indonesia yang menjadi koleksi kebun raya seperti pisang, singkong, dan aneka jenis palem tropis.

Serangkaian acara digelar memeriahkan HUT Kemerdekaan RI di Ukraina seperti pentas seni Indonesia, pameran foto daerah wisata di Indonesia, berbagai pertandingan dan gelar budaya.

Dubes Yuddy mengatakan tepat peringatan hari kemerdekaan Indonesia ini, KBRI Kyiv meresmikan replika stupa Candi Borobudur melengkapi anjungan taman dan menjadi simbol persahabatan Indonesia-Ukraina.
Baca juga: Stupa Borobudur di Ukraina akan diresmikan pada 17 Agustus

Tepat tanggal 17 Agustus, bangunan stupa Borobudur resmi menghiasi paviliun Indonesia di Kebun Raya Ghrysko, Kyiv Ukraina, demikian Dubes Yuddy Chrisnandi.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019