Kadiv Humas : Sentuh masyarakat dengan komunikasi dan tulus membantu

Kadiv Humas : Sentuh masyarakat dengan komunikasi dan tulus membantu

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Muhammad Iqbal menyerahkan sembako kepada perwakilan warga secara simbolis. (antara/foto/firman)

Banjarmasin (ANTARA) - Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri Irjen Pol Muhammad Iqbal mengatalkankan, bagi TNI dan Polri strategi yang paling tepat dalam konsep Pemolisian masyarakat adalah berkomunikasi dengan sering turun menyapa masyarakat.

"Kekuatan dan strategi dalam pemeliharaan kamtibmas itu kuncinya adalah komunikasi dengan masyarakat. Aparat harus tulus membantu setiap masyarakat yang memerlukan bantuan baik dalam konteks pelayanan maupun kegiatan dan momen lainnya," terang Iqbal di Banjarmasin, Jumat.

Hal itu dikatakannya saat menghadiri acara bertajuk "Aksi peduli Polri dan Yayasan Baitul Maal PLN berbagi 1.000 sembako dalam rangka 74 tahun kemerdekaan Republik Indonesia" di Aula Kantor Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Baca juga: Irjen Iqbal: Redam kegaduhan di ruang siber

Dengan sentuhan tulus tersebut, jelasnya diharapkan partisipasi masyarakat jadi meningkat dalam pemeliharaan kamtibmas. Setidaknya, masyarakat jadi polisi bagi dirinya sendiri, bagi lingkungannya serta menyampaikan informasi yang berguna, sehingga embrio gangguan kamtibmas dapat dicegah sejak dini.

"Nah, sebenarnya konsep ini yang sedang kami lakukan sekarang. Dan alhamdulilah kami disupport Yayasan Baitul Maal PLN untuk memberikan sedekah dalam bentuk sembako untuk semua masyarakat yang berhak menerimanya," tambahnya.
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Muhammad Iqbal berfoto bersama perwakilan warga yang menerima sembako. antara/foto/firman.


Iqbal pun menekankan, melalui kegiatan beramal yang tulus, maka akan ada doa dipanjatkan masyarakat yang merasa sudah terbantu dengan apa yang dilakukan oleh Polri bersama pihak lainnya.

"Ikhtiar apapun tanpa doa dan perbuatan baik mungkin tidak akan dikabulkan oleh Allah SWT keinginannya. Maka dari itu, doa dari masyarakat selalu negara harapkan, termasuk institusi Polri," lanjutnya.

Baca juga: Kemampuan personel Polda Kalsel pantau siber ditingkatkan

Sementara H Herry Hasanuddin selaku Ketua III Bidang Koordinator Unit dan Kerjasama Strategis YBM PLN dalam sambutannya mengaku sangat bersyukur atas terselenggaranya aksi peduli bagi-bagi sembako tersebut.

"Kami sangat berterima kasih kepada Polri khususnya yang telah mengajak gelaran kegiatan yang sangat positif ini. YBM PLN pun berkomitmen untuk terus bisa membantu masyarakat melalui berbagai program sosialnya," jelasnya.

Turut hadir jajaran PLN yang dipimpin Senior Manager SDM dan Umum PLN UIW Kalselteng yang sekaligus, PLH General Manager PLN UIW Kalselteng, Sari Indah Damayanti.

Kemudian dari unsur TNI dan Polri ada Kabid Humas Kombes Pol Mochamad Rifa'i dan Direktur Reserse Kriminal Khusus Kombes Pol Rizal Irawan serta Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Sumarto dan Dandim 1007/Banjarmasin Kolonel Inf Anggara Sitompul. Adapun pemerintah daerah hadir Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah dan camat setempat.

Baca juga: Warga diajak manfaatkan "Bekantan" laporkan karhutla
Pewarta : Firman
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019