200 keluarga di Goreng Meni punya jamban sehat berkat Dana Desa

200 keluarga di Goreng Meni punya jamban sehat berkat Dana Desa

Pemerintah Desa Goreng Meni di Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur, juga memanfaatkan Dana Desa untuk membantu memperbaiki rumah warga. (Dok. Desa Goreng Meni)

Kupang (ANTARA) - Desa Goreng Meni di Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur, menggunakan Dana Desa antara lain untuk membangun jamban sehat bagi 200 keluarga.
 
"Yang telah memiliki jamban sehat di Desa Goreng Meni mencapai 200 kepala keluarga dari 276 kepala keluarga," kata Sekretaris Desa Goreng Meni Mikael Mu di Kupang, Minggu.

Ia menjelaskan, dalam pembangunan jamban sehat itu warga menyediakan material seperti kayu dan batu dan pemerintah desa menyediakan kloset, seng, paku, besi, serta bahan bangunan yang lain menggunakan Dana Desa.

"Masyarakat secara bergotong royong terlibat dalam pembangunan jamban sehat itu, mulai menggali lubang WC sampai pembangunan jamban dilakukan warga secara bersama," kata Mikael Mu.

Ia menjelaskan bahwa sarana air bersih juga sudah dibangun di Kampung Tuwa, Pau, Rentung, dan Dawung.

"Jaringan air bersih untuk konsumsi warga maupun untuk kebutuhan MCK sudah tidak menjadi masalah karena sudah tersedia guna memenuhi kebutuhan 1.375 warga Desa Goreng Meni," katanya.

Guna mendukung upaya peningkatan kesehatan ibu dan anak, ia melanjutkan, pemerintah desa juga rutin menyediakan makanan tambahan untuk ibu hamil dan anak usia di bawah lima tahun menggunakan sebagian Dana Desa.

Baca juga:
Desa di Sumba Barat gunakan Dana Desa untuk kelola wisata kampung adat
Pemerintah alokasikan transfer daerah-dana desa Rp858,8 triliun
Pewarta : Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2019