Gorontalo (ANTARA) - Wakil Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Thariq Modanggu mencanangkan kampanye kerukunan antar umat beragama di daerah itu  yang  digelar di kantor Desa Bulalo, Kecamatan Kwandang.

"Saya perlu mencanangkan kampanye kerukunan antar umat beragama di daerah ini, agar seluruh masyarakat dapat terus mengingat dan mengampanyekan pentingnya menjaga kerukunan antar umat beragama," ucap Wabup Thariq, di Gorontalo, Senin.

Pencanangan diawali dengan kegiatan jalan sehat bersama, mengambil rute dari lapangan hijau Leboto di lintas Sulawesi, berakhir di kantor Desa Bulalo. Kegiatan tersebut dihadiri para pengurus Forum Komunikasi antar Umat Beragama (FKUB), Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kantor Wilayah Kementerian Agama Gorontalo Utara, pemerintah desa dan masyarakat.

Baca juga: Kabupaten Jayapura sebagai Zona Integritas Kerukunan Hidup Umat Beragama

Meski dijuluki daerah Serambi Madinah yang sangat menjunjung adat bersendikan syara' dan syara' bersendikan kitabullah, dengan mayoritas penduduknya beragama Islam, namun beragam suku, agama dan ras hidup berdampingan di daerah ini, ujarnya.

Ia berharap, kampanye kerukunan senantiasa didengungkan masyarakat di seluruh wilayah, agar kemajemukan yang ada menjadi kekuatan yang akan terus mempersatukan masyarakat di daerah ini.

"Kondusivitas daerah perlu dijaga dengan baik, apalagi daerah ini tergolong terbuka sebab berada di perlintasan Sulawesi dimana orang dapat mudah masuk ke daerah ini, diikuti berbagai ancaman maupun isu yang dapat memecah belah," ujar Wakil Bupati.

Maka kerukunan antar umat beragama kata dia, diharapkan terus terjaga dengan baik dan berharap kegiatan tersebut dapat lebih ditingkatkan dalam berbagai agenda sosial kemasyarakatan lainnya.

Baca juga: Warga Ophir Pasaman Barat deklarasikan kerukunan dalam keberagaman

Baca juga: Membangun kerukunan antaragama diserukan Ketua MUI Palu

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019