Jakarta (ANTARA) - Facebook berencana menyembunyikan fitur yang menjadi hal wajib di berbagai media sosial, "like", demi kesehatan mental pengguna mereka.

Seorang ahli teknisi bernama Jane Manchun Wong mengunggah prototipe laman Facebook untuk aplikasi Android, tanpa jumlah "like". Kepada TechCrunch, Facebook membenarkan sedang mempertimbangkan untuk menghapus jumlah "like".

Facebook belum menguji coba ke publik untuk fitur itu dan belum ingin memberikan keterangan tambahan mengenai jumlah "like" yang disembunyikan.

Beberapa bulan sebelumnya, Instagram, yang juga milik Facebook, menguji coba menyembunyikan jumlah l" di tujuh negara, yaitu Brazil, Jepang, Australia, Selandia Baru, Italia, Irlandia, dan Kanada.

Baca juga: Mengenal fitur "Mengapa Saya Melihat Postingan Ini" di Facebook

Setelah jumlah "like" disembunyikan, foto akan menampilkan beberapa nama akun yang menyukai foto pengguna. Sayangnya, Facebook juga belum mau menjelaskan bagaimana respons fitur itu di Instagram.

Facebook, saat uji coba untuk Instagram, menilai penyembunyian "like" dapat membantu mengurangi perasaan destruktif seperti merasa diri sendiri tidak cukup baik karena tidak mendapatkan banyak "like".

Penyembunyian "like" juga akan membantu pengguna agar tidak menghapus foto mereka hanya karena tidak mendapat banyak "like".

Baca juga: Tips aman lindungi akun medsos

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019