Kisah hidup Atta Halilintar, dari pedagang hingga Youtuber terkenal

Kisah hidup Atta Halilintar, dari pedagang hingga Youtuber terkenal

Youtuber Atta Halilintar (Instagram/@attahalilintar)

Jakarta (ANTARA) - Muhammad Attamimi Halilintar atau yang lebih dikenal sebagai Atta Halilintar ternyata sempat menjadi pedagang sebelum menjadi Youtuber terkenal dengan lebih dari 18 juta subscriber.

"Pertama aku tuh pedagang, aku berjualan absurd, apa saja aku coba, mulai dari makanan, pakaian," ujar Atta dalam temu media "Smartfren WOW Concert" di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Rayakan ultah ke-12, Smartfren gelar konser bertabur bintang Kpop

Pada saat berjualan itu, Atta mengatakan menggunakan Youtube sebagai media untuk berpromosi barang dagangannya.

Menurut dia, sosial media menjadi lahan yang mudah dan murah bagi anak muda untuk promosi, mengingat beriklan di media cetak dia anggap cukup merogoh kocek dalam apalagi saat memulai usaha.

Sebelum musim video blog atau Vlog, anak sulung dari kesebelasan Gen Halilintar itu mengaku pernah memanfaatkan web blog atau Blog untuk menulis artikel yang berkaitan dengan barang dagangannya.

"Aku jualan handphone, bikin artikel tentang handphone yang aku jual. Nanti di bawahnya, ada tulisan kalau mau beli handphone ini saya jual lho," kata Atta.

Kini, saat nama Atta masuk dalam jajaran Youtuber terkaya di dunia dan memiliki belasan juta pengikut, dia mengaku tantangan terbesar sebagai pembuat konten adalah justru dari mereka yang mengikuti karyanya.

Baca juga: Kisah YouTuber kembar Inggris tinggalkan jutaan dolar demi Ibu Bumi

"Ketika kamu sudah mempunyai orang yang follow, subscriber atau orang yang mengikuti karya-karya kamu, tantangan terberat adalah pressure dari mereka, di mana kita harus terus menyajikan konten buat mereka," ujar dia.

Kreativitas dalam membuat konten menjadi tantangan tersendiri. Konten bagus, menurut Atta, tidak menjamin video tersebut disukai banyak orang.

"Kadang-kadang kita bikin konten yang terlalu mendidik views-nya dikit, bikin konten-konten receh viewnya banyak, jadi memang susah sih bagaimana menggabungkan itu semua menjadi satu," kata dia.

Namun, selama banyak masyarakat Indonesia yang mendukung karyanya, dia merasa dapat melewati tantangan yang tidak mudah itu.

"Aku yang dulu tadinya mau bekerja di perusahaan, sekarang aku malah bisa ngeluarin (uang) buat nge-gaji orang banyak," kata Atta.

Baca juga: Atta Halilintar tantang Vidi Aldiano di Piala Presiden Esports

Baca juga: Garuda laporkan dua youtuber karena unggah foto menu tulis tangan
Pewarta : Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2019