Ketika beliau sakit dan lemah, begitu bicara mengenai teknologi dirgantara, beliau langsung jadi semangat,
Jakarta (ANTARA) - Ketua Perhimpunan Majelis Agama Buddha Indonesia (Permabudhi) Philip K Wijaya mengatakan Presiden ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie memiliki kerendahan hati dan kecintaan yang besar terhadap Tanah Air yang menjadi teladan bagi bangsa Indonesia.

"Presiden BJ Habibie sungguh sosok yang luar biasa. Kami sering diskusi di kediaman beliau secara pribadi, banyak sekali kerendahan hati beliau demi keutuhan bangsa yang saya dapatkan," kata Philip saat dihubungi Antara di Jakarta, Kamis.

Menurut Philip, Habibie merupakan seorang cendekiawan yang harus dicontoh oleh seluruh generasi bangsa terutama dalam kecintaannya pada ilmu pengetahuan dan teknologi.

Baca juga: Rumah kelahiran BI Habibie di Parepare akan jadi museum

"Ketika beliau sakit dan lemah, begitu bicara mengenai teknologi dirgantara, beliau langsung jadi semangat, lupa bahwa sebenarnya kondisi badan lemah, lupa bahwa waktu telah lewat ber jam-jam. Begitu dahsyat kecintaannya pada ilmu pengetahuan, sungguh memberi goresan yang tidak terlupakan dalam hati saya untuk mengenang," jelas Philip.

Habibie yang dikenal sebagai bapak teknologi Indonesia juga menjadi inspirasi dan motivasi bagi seluruh bangsa Indonesia untuk memberikan sumbangsih positif bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Baca juga: Ketua DPRD: BJ Habibie miliki ikatan historis dengan Surabaya

"Dengan segala ketulusan hati kami mendoakan beliau istirahat dengan tenang dan damai di sisi-Nya," ujar Philip.

Habibie tutup usia di umur 83 tahun pada Rabu (11/8) pukul 18.05 WIB di Paviliun Kartika RSPAD Gatot Subroto Jakarta.

Putra Habibie, Thareq Kemal Habibie mengonfirmasi penyebab Presiden Ketiga Republik Indonesia itu tutup usia karena faktor usia

"Karena sudah menua dan memakan usia. Kemarin saya katakan bahwa gagal jantung yang mengakibatkan penurunan itu, kalau memang organ-organ itu degenerasi melemah, menjadi tidak kuat lagi," kata Thareq Kemal Habibie dalam pesan singkat yang diterima pada Rabu malam (11/9).

Baca juga: Kemensos siapkan makam BJ Habibie tepat disebelah Ainun
 

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019