Menkominfo: eSports buka peluang besar bagi anak muda

Menkominfo: eSports buka peluang besar bagi anak muda

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dan Chairwoman IDBYTE ESPORTS 2019 Shinta Dhanuwardoyo saat pembukaan IDBYTE ESPORTS 2019 DI ICE BSD, Tangerang, Banten. ANTARA/Natisha Andarningtyas.

Tangerang (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menilai eSports membuka banyak peluang bagi anak-anak muda di Indonesia untuk mengembangkan diri dalam bidang tersebut.

"eSports memberi peluang bagi anak muda untuk dijadikan profesi. Sekarang kan tim dan sponsor sudah banyak," kata Menkominfo Rudiantara setelah membuka acara IDBYTE ESPORTS 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten, Jumat.

Ia menekankan profesi di dunia eSports tidak terbatas sebagai pemain (gamer) saja, tetapi juga pengembang (developer) gim. Ia lantas mencontohkan anak-anak muda di Indonesia yang sukses menjadi pengembang gim untuk perusahaan gim luar negeri.

Menkominfo pun berharap anak-anak muda turut menciptakan permainan dengan kearifan lokal, misalnya dengan mengangkat tokoh pahlawan super (superhero) asli Indonesia untuk menyaingi gim populer buatan luar.

Selain itu, Rudiantara juga menginginkan agar eSports di Indonesia tumbuh dari segi prestasi mengingat olahraga elektronik itu menjadi cabang yang dipertandingkan di Asian Games 2022 di China.

Tidak hanya memberi peluang bagi talenta, eSports juga penting untuk pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Untuk itu pemerintah fokus mengembangkan infrastruktur jaringan telekomunikasi agar eSports dapat tumbuh dan memberi kontribusi bagi ekonomi digital tanah air.

Indonesia ingin menjadi kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020.

Baca juga: Palapa Ring selesai, Menkominfo: Bisa main gim di mana pun berada
 
Pewarta : Natisha Andarningtyas
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2019